ADVERTISEMENT

5 Hewan dengan Usia Terpanjang dan Terpendek di Dunia, dari Mamalia hingga Serangga

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 12 Jun 2022 09:00 WIB
nyamuk
Foto: Getty Images/iStockphoto/HAYKIRDI/5 Hewan dengan Usia Terpanjang dan Terpendek di Dunia
Jakarta -

Beberapa hewan di dunia ada yang pernah ditemukan dengan usia hidup yang sangat lama hingga ribuan tahun. Sebaliknya, beberapa hewan justru ada yang memiliki usia sangat pendek bahkan hanya sehari atau 24 jam.

Secara umum, perbedaan usia hidup hewan dapat dipengaruhi oleh jenis dan struktur tubuh yang dimiliki. Misal hewan laut yang bisa beregenerasi sehingga bisa hidup lebih lama. Atau kecil yang mudah dapat ancaman lingkungan sehingga hidup lebih pendek.

Dari beberapa daftar, banyak jenis hewan laut yang memiliki usia lebih panjang. Sedangkan jenis serangga banyak yang hidup dengan usia pendek. Berikut ini rangkuman selengkapnya.


Hewan dengan Usia Terpanjang dan Terpendek di Dunia:


5 Hewan dengan Usia Terpanjang di Dunia


1. Kerang Laut Ocean quahog clams - Lebih dari 500 Tahun

Menurut Museum Nasional Wales, satu kerang quahog laut yang ditemukan di lepas pantai Islandia pada tahun 2006 telah berusia 507 tahun.


2. Karang (Black Coral) - Lebih dari 4.000 Tahun

Karang dapat hidup selama ratusan tahun atau lebih, terutama karang hitam di perairan dalam (Leiopathes sp.). Berdasarkan Live Science, spesimen karang hitam pernah ditemukan di lepas pantai Hawaii dan berusia 4.265 tahun.


3. Spons Kaca - Lebih dari 10.000 Tahun

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Geology memperkirakan bahwa spons kaca milik spesies Monorhaphis chuni yang berusia sekitar 11.000 tahun.


4. Ubur-ubur Turritopsis Dohrnii - Berpotensi Abadi

Menurut Museum Sejarah Alam di London, ubur-ubur yang berasal dari Laut Mediterania, dapat mengulangi siklus hidup mereka beberapa kali dan berpotensi tidak pernah mati karena usia tua dalam kondisi yang tepat.


5. Hydra - Berpotensi Abadi

Hydra adalah sekelompok invertebrata yang sebagian besar terdiri dari sel induk, yang terus beregenerasi melalui duplikasi atau kloning. Hydra tidak hidup selamanya dalam kondisi alami karena ancaman seperti predator dan penyakit. Tetapi tanpa ancaman eksternal ini, mereka bisa abadi.


5 Hewan dengan Usia Terpendek di Dunia

Adapun untuk hewan dengan usia terpendek, kebanyakan datang


1. Mayfly atau Lalat Capung (24 jam)

Mayfly atau lalat capung adalah hewan yang hidup dengan usia terpendek di dunia. Serangga yang masuk ke dalam ordo Ephemeroptera ini hanya dapat hidup selama 24 jam.


2. Gastrotricha (3 hari)

Gastrotricha adalah hewan mirip cacing yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop (0,06-3,0 mm). Hewan ini memiliki struktur tubuh transparan dan berenang mengikuti arus. Umur dari gastrotricha hanya dapat bertahan selama 3 hari.


3. Nyamuk (10-56 hari)

Nyamuk jantan hidup hanya dalam 10 hari, sedangkan nyamuk betina hidup lebih panjang.


4. Semut Pejantan (2 minggu)

Semut pejantan berbeda dengan semut pekerja. Semut pejantan menghabiskan hidupnya hanya untuk makan dan bereproduksi. Umur dari semut ini hanya bertahan hingga 2 minggu.


5. Lalat (4 minggu)

Lalat hanya sampai berusia satu bulan. Walaupun begitu lalat dapat bereproduksi dengan cepat. Lalat dapat menghasilkan 1.000 telur dalam sekali reproduksi.


Itulah daftar 5 hewan dengan usia terpanjang dan terpendek di dunia.



Simak Video "Beda Pandangan PBNU dan MUI soal Hukum Kurban Hewan Terjangkit PMK "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia