ADVERTISEMENT

Viral Orang Utan Tarik Pemuda, Ternyata Kekuatan Aslinya 7 Kali dari Manusia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 09 Jun 2022 20:28 WIB
Sebuah video orang utan menarik pengunjung yang membuat konten viral di Medsos. Ini dia orang utan penghuni Kebun Binatang Kasang Kulim, Kampar, yang viral tersebut.
Foto: Raja Adil Siregar/Viral Pemuda Ditarik Orang Utan, Ternyata Kekuatan Aslinya 7 Kali dari Manusia
Jakarta -

Media sosial tengah diramaikan dengan video pemuda yang nekat mendekati kandang orang utan dan berakhir ditarik. Video tersebut terjadi di Kebun Binatang Kasang Kulim, Kampar Riau.

Berdasarkan laporan detikSumut, pemuda tersebut adalah pengunjung yang sengaja mendekati kandang orang utan untuk sebuah konten. Karena kenekatan dan minimnya pengetahuan, akhirnya ia ditarik oleh tangan orang utan yang bisa menjangkaunya.

Orang utan menarik bagian tangan dan kaki sampai menempel kandang hingga kewalahan. Bahkan ada salah satu orang yang membantu tak cukup kuat untuk melepas tarikan orang utan.

Melihat peristiwa tersebut, sebenarnya seberapa kuatkah orang utan dibanding manusia?


Kekuatan Orang Utan

Mengutip Wild Explained, orang utan adalah primata yang dapat mengangkat sekitar 500 pon atau 229 kg lebih serta memiliki kekuatan gigitan 600 PSI, hampir dua kali kekuatan gigitan macan tutul.

Kekuatan ini bukan hal yang mengherankan mengingat primata ini selalu menggunakan lengan dan bahu mereka untuk bergerak melalui pohon.

Meski begitu, orang utan adalah kera yang paling lembut dan mereka hampir tidak pernah berkelahi karena mereka adalah hewan penyendiri.


7 Kali Lebih Kuat Dibanding Manusia

Menurut penelitian, orang utan tujuh kali lebih kuat dibandingkan manusia. Otot-otot di lengan yang kuat mampu menopang berat badan mereka saat mereka berayun dari pohon ke pohon.

Mereka bahkan dapat menggunakan tangan mereka untuk menumbuk pohon untuk menghasilkan suara.

Jika dibandingkan, seekor orang utan bahkan bisa sampai mengalahkan manusia dalam tarik tambang hanya dengan sedikit usaha.


Salah Satu Hewan Pintar di Dunia

Meski memiliki kekuatan yang luar biasa, nyatanya orang utan tak hanya kuat namun juga pintar. Primata ini memiliki otak kecil yang lebih besar daripada manusia, suatu sifat yang mungkin mencerminkan tuntutan gaya hidup arboreal yang tinggal di pohon.

Kepintaran orang utan bisa dilihat dari kemampuan dalam hidup di alam liar. Seperti membuat alat untuk menggaruk badan, memilih pohon untuk berlindung, hingga cara melindungi diri dari ancaman hewan lain.



Simak Video "Karyawan Joget Dekat Kandang Orang Utan, Serulingmas Zoo Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia