Maudy Ayunda Baca Buku tentang Ikigai, Apa Itu Sebenarnya?

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 26 Mei 2022 14:15 WIB
Maudy Ayunda
Maudy Ayunda.Foto: Instagram Maudy Ayunda
Jakarta -

Maudy Ayunda baru-baru ini mengejutkan publik dengan kabar pernikahannya bersama pria asal Korea Selatan Jesse Choi. Keduanya diketahui lulusan Stanford University.

Sebelumnya diketahui Maudy dan Jesse sama-sama memiliki prinsip yang sama dalam berkarier yaitu ikigai. Maudy pernah membagikan buku bacaannya mengenai ikigai dari akun Instagramnya. Sedangkan Jesse menulis di blog pribadinya mengenai ikigai.

Nah apa itu sebenarnya ikigai?

Ikigai berasal dari bahasa Jepang, iki berarti kehidupan dan gai berarti nilai. Maksudnya adalah alasan mengapa seseorang hidup. Ikigai dapat membantu seseorang menjalani hidup dengan lebih bermakna apabila memahami konsepnya.

Bagaimana Cara Menemukan Ikigai?

Melansir dari laman DJKN Kemenkeu, mengenal ikigai dengan mengenal empat elemen yaitu passion, mission, vocation, dan profession. Dalam menemukan ikigai penting untuk menyeimbangkan keempat elemen tersebut. Berikut adalah penjelasannya:

1. Passion: menemukan apa yang kamu suka

Passion adalah hasrat untuk melakukan sesuatu. Berarti passion adalah melakukan sesuatu yang membuat seseorang merasa bergairah dan bahagia untuk melakukan hal itu. Misalnya yaitu hobi atau kesenangan pribadi.

2. Mission: apa yang dibutuhkan dunia

Mission adalah mengerjakan hal-hal yang dibutuhkan oleh lingkungan sekitar. Walaupun tidak sejalan dengan passion, melakukan hal-hal kecil dapat kita lakukan untuk lingkungan sekitar.

3. Vocation: Gaji yang Didapatkan

Vocation adalah hal yang didapat dari bekerja yaitu penghasilan. Vocation berarti mendapatkan sesuatu dari pekerjaan yang dikerjakan.

4. Profession: ahli dalam bidangnya

Profession adalah keahlian di bidang yang dikerjakan. Keahlian ini dapat didapatkan melalui pendidikan atau kursus pelatihan.

Pilar Ikigai

1. Mengawali dari Hal yang Kecil

Tips melakukan ikigai adalah melakukan hal kecil seperti bangun pagi. Saat bangun pagi ucapkanlah rasa syukur untuk memberikan aura positif. Apabila waktu tidur cukup, kita akan bangun dalam kondisi bugar dan siap mencerna informasi baru.

2. Membebaskan Diri

Maksudnya membebaskan diri adalah melakukan suatu hal seperti anak kecil. Membebaskan diri berarti berada dalam kondisi mengalir dan terbebas dari beban diri sendiri yang akan meningkatkan kualitas hidup dan pekerjaan.

3. Keselarasan dan Kesinambungan

Maksudnya adalah menghargai dan menghormati karakteristik tiap orang di sekitar maka akan timbul segitiga emas antara ikigai, aliran, dan kreativitas.

Ikigai berhubungan erat dengan menjaga keselarasan dengan lingkungan, dengan orang-orang di sekitar, dan masyarakat secara luas.

4. Kegembiraan dari Hal-hal Kecil

Hargailah hal-hal kecil di sekitar. Ketika menghargai kecil kita dapat menghasilkan suatu karya yang luar biasa.

Contohnya makanan khas Jepang yaitu susyi. Restoran di Jepang sangat teliti dalam memilih ikan sebagai bahan utama dari sushi. Mereka rela bangun pagi dan berjalan ke pasar ikan dini hari guna mendapatkan ikan terbaik, hasil tangkapan nelayan semalam, yang masih segar dengan kualitas sempurna yang dapat disajikan kepada para pelanggannya.

5. Menikmati Momen

Menikmati momen berarti menikmati waktu dan kondisi yang dirasakan saat ini. Dengan memiliki itu berarti seseorang dapat menghargai dan menikmati waktu sehingga menjadikan hidup semakin bermakna.

Nah itulah penjelasan mengenai ikigai. Semoga dapat diterapkan detikers ya!



Simak Video "Ilmuwan Jepang Kembangkan 'Kulit Manusia' pada Jari Robot"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia