Doa Masuk WC dan Artinya Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Rahma Harbani - detikEdu
Kamis, 19 Mei 2022 06:00 WIB
Concept of modern decoration design of bathroom with toilet and shower decorating with black and white ceramic for luxury hotel, condominium, residential
Ilustrasi. Begini bacaan doa masuk WC sesuai ajaran Rasulullah SAW. (Getty Images/iStockphoto/indigosmx)
Jakarta -

Membaca doa masuk WC merupakan salah satu adab sebelum masuk WC atau kamar mandi. Hal ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya yang diceritakan oleh Ali RA sebagai batas antara jin dan manusia, Rasulullah bersabda:

سِتْرُ ما بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَبَيْنَ عَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ ، إِذَا خَلَعَ الرَّجُلُ ثَوْبَهُ أَنْ يَقُولَ : بِسْمِ

Artinya: "Pembatas antara jin dengan aurat bani Adam (manusia) manakala seorang di antara mereka masuk ke WC, adalah agar ia mengucapkan 'Bismillah'," (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dalam riwayat lain dari Anas RA, Rasulullah SAW juga mencontohkan bacaan doa masuk WC sesuai sunnah. Berikut bunyi bacaan yang dilafalkan beliau.

Doa Masuk WC dan Artinya

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bacaan latin: Bismillâhi allâhumma innî a'ûdzu bika minal khubutsi wal khabâitsi

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung padaMu dari godaan iblis jantan dan betina." (HR Muslim)

Bacaan doa di atas dapat diterapkan tiap hendak masuk ke kamar mandi atau WC baik pada pagi, siang, sore, maupun malam hari. Tidak hanya doa masuk WC, Rasulullah SAW juga mengajarkan bacaan doa keluar WC sesuai dengan keterangan hadits dari Aisyah RA.

Bacaan doa keluar WC selengkapnya sesuai hadits adalah sebagai berikut:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Bacaan latin: Gufroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba 'anni al-adza wa 'aafaani. Allahumma ij'alni minat tawwaabiina waj'alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi

Artinya: "Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan mensehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

Di samping membaca doa, adab masuk WC yang dapat diterapkan muslim adalah mendahulukan kaki kiri saat masuk dan kaki kanan saat hendak keluar WC. Hal ini sebagaimana dijelaskan Imam Ghazali dalam Bidayatul Hidayah yang telah diterjemahkan Bahrudin Ahmad.

"Dan janganlah engkau membawa sesuatu yang ada padanya tulisan nama Allah dan RasulNya," kata Imam Ghazali.

Imam Ghazali juga menganjurkan penggunaan alas kaki saat berada di kamar mandi. Sekaligus menganjurkan umat muslim untuk menjaga kebersihan usai melakukan segala urusan baik mandi atau buang air di dalam WC atau kamar mandi.

"Mengusap (area buang hajat) dengan bilangan ganjil itu adalah sunnah, sedangkan hingga bersih itu adalah wajib. Dan janganlah engkau beristinja kecuali dengan tangan kiri," tulis buku tersebut.

Jadi, perlu diingat baik-baik bahwa mulai membaca doa masuk WC hingga menjaga kebersihan selama di WC juga termasuk dalam ajaran dari agama Islam. Semoga bermanfaat, detikers!



Simak Video "Polisi India Tembak Mati 2 Pedemo soal Pelecehan Nabi Muhammad"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia