Doa Sebelum dan Setelah Belajar, Siswa Bisa Membacanya Saat di Sekolah

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 17 Mei 2022 06:00 WIB
Masuk sekolah setelah Lebaran 2022 berubah menjadi 12 Mei 2022. Tujuannya untuk antisipasi kemacetan yang mungkin terjadi saat arus balik mudik Lebaran.
Foto: A.Prasetia/detikcom/Doa Sebelum dan Setelah Belajar, Siswa Bisa Membacanya Saat di Sekolah
Jakarta -

Sebelum belajar baik saat di rumah ataupun di sekolah, umat islam dianjurkan untuk berdoa agar mendapatkan kelancaran dan keberkahan. Kebiasaan ini sangat baik dilakukan untuk siswa karena bisa melatih kedisiplinan.

Dalam buku Kebiasaan Baikku oleh HF. Rahadian dikatakan bahwa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar adalah membaca doa terlebih dahulu.

Adapun untuk doa sebelum belajar terdapat beberapa yang bisa diamalkan sesuai dengan sunnah islam.


Doa Sebelum Belajar dan Artinya


1. Doa Sebelum Belajar I


رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا


Arab-latin: Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma

Artinya: "Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik."


2. Doa Sebelum Belajar II


رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ


Arab-latin: Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."


3. Doa Sebelum Belajar III


اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ


Arab-latin: Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin.

Artinya: "Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu."


Doa Setelah Belajar dan Artinya

Karena sebelum mulai belajar diawali dengan doa, maka setelah belajar juga harus ditutup doa supaya ilmu yang sudah diperoleh mendapat keberkahan serta manfaat. Berikut ini doa setelah belajar.


اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ


"Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa'ahu. Wa arinal baathila baa-thilan warzuqnaj tinaabahu."

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya."


Itulah doa sebelum dan setelah belajar yang bisa dibaca sebelum dimulainya pelajaran di sekolah. Semoga bisa senantiasa mengamalkannya ya detikers!



Simak Video "Tiga Ruang Kelas SD di Grobogan Rusak Parah, Siswa Ujian di Teras"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia