Doa Sabar Menghadapi Ujian, Bisa Dibaca Saat UTBK-SBMPTN 2022

Rosmha Widiyani - detikEdu
Selasa, 17 Mei 2022 18:30 WIB
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Negeri Semarang (UNNES), Selasa (17/5/2022).
UTBK-SBMPTN 2022, bagaimana doa sabar saat ujian? Foto: dok. Unnes.
Jakarta -

Doa sabar adalah senjata para peserta UTBK SBMPTN 2022, selain belajar dan taat aturan. Harapan diberi kesabaran inilah yang menghasilkan petunjuk penyelesaian soal UTBK SBMPTN 2022 dari Allah SWT.

UTBK-SBMPTN 2022 yang mulai dilaksanakan Selasa (17/5/2022) diikuti ratusan ribu peserta dari seluruh Indonesia. Mereka berlomba menyelesaikan soal dalam ujian seleksi PTN yang tentunya tidak mudah.

Dikutip dari buku Kamus Doa karya Luqman Junaedi, ada beberapa versi doa sabar. Tentunya, doa sabar tak hanya bisa dibaca sebelum UTBM-SBMPTN 2022. Doa bisa dibaca ketika menghadapi kesulitan hidup lainnya.

Doa sabar supaya diberi kemudahan saat UTBK-SBMPTN 2022

1. Doa sabar sesuai hadits riwayat Al Bazzar

Doa sabar menghadapi UTBK SBMPTN 2022 dan ujian lainnya.Doa sabar menghadapi UTBK-SBMPTN 2022 dan ujian lainnya. Foto: Screenshoot buku Kamus Doa.

Arab latin: Allahummaj-'alnii shabuuran, waj-'alnii syakuuran, waj-'alnii fii 'ainii shaghii-ran, wafii a'yunin-naasi kabiiran.

2. Doa sabar sesuai hadits riwayat Al Hakim

Doa sabar menghadapi UTBK SBMPTN 2022 dan ujian lainnya.Doa sabar menghadapi UTBK-SBMPTN 2022 dan ujian lainnya. Foto: Screenshoot buku Kamus Doa.

Arab latin: Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika wa husni 'ibadatika.

3. Doa sabar dalam QS Al Baqarah ayat 250

رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Arab latin: Rabbanā afrig 'alainā ṣabraw wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā 'alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: "Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir."

4. Doa sabar dalam QS Al A'raf ayat 126

رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ

Arab latin: Rabbanā afrig 'alainā ṣabraw wa tawaffanā muslimīn

Artinya: "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)."

Doa sabar menghadapi UTBK-SBMPTN 2022 sebaiknya juga disertai harapan ikhlas dan ridho menerima ketentuan Allah SWT. Misalnya saat hasil seleksi tidak sesuai harapan peserta ujian.

Namun terlepas dari hasil yang akan diperoleh, peserta wajib menghadapi UTBK-SBMPTN 2022 dengan keyakinan pada diri sendiri dan berpikir positif. Dengan usaha dan doa yang selalu dipanjatkan, semoga kampus impian dapat menjadi kenyataan.



Simak Video "Massa Buruh Singgung Program Kampus Merdeka: Perbudakan Modern!"
[Gambas:Video 20detik]
(row/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia