4 Tips Menjalani Puasa bagi Pengidap Mag ala Dokter RSA UGM

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 21 Apr 2022 13:15 WIB
Maag
Foto: shutterstock/4 Tips Menjalani Puasa bagi Pengidap Mag ala Dokter RSA UGM
Jakarta -

Apakah kamu pernah menderita sakit mag dan takut kambuh saat puasa? Tidak perlu khawatir, selama bulan puasa Ramadan kamu tetap bisa menjalani dengan lancar asalkan menjaga pola makan yang tepat.

Seperti yang diketahui, mag merupakan penyakit yang kerap dikeluhkan karena mengganggu saluran pencernaan bagian atas dan lambung di dalam tubuh manusia.

Bagi setiap orang, penyebab mag bisa bermacam-macam tergantung kondisi yang dialami seperti asam lambung, gastritis, GERD, hingga dispepsia.

Agar bisa menjalani puasa dengan aman, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Isti Haryani, M.Sc., Sp.PD., FINASIM, memberikan tipsnya bagi penderita mag.

"Kondisi lambung yang kosong memang dapat menaikkan asam lambung. Kondisi perut yang kosong selama lebih kurang 12 jam bisa membuat asam lambung bergejolak, memengaruhi lambung, dan area sekitarnya," ucapnya dikutip dari laman resmi UGM, Kamis (21/4/2022).

"Alhasil, orang yang mengalaminya dapat merasa tidak nyaman, perut terasa penuh, terasa perih, ataupun sampai menimbulkan rasa mual dan muntah," imbuhnya.

Untuk mencegah asam lambung naik dan mag kambuh, dr. Isti Haryani memberikan beberapa tips, di antaranya adalah sebagai berikut.

4 Tips Menjalani Puasa bagi Penderita Mag:

1. Jangan Melewatkan Makan Sahur

Hal pertama untuk mencegah kambuhnya sakit mag adalah dengan tidak melewatkan sahur. Selain itu, pengidap mag juga diharapkan dapat berbuka puasa dengan tepat waktu.

"Pertama, jangan sampai melewatkan waktu makan sahur dan berbuka ketika sudah sampai pada waktunya. Jadi usahakan berbuka puasa setepat waktu mungkin, supaya jangan sampai perut dalam kondisi kosong dalam waktu yang lama," tutur dr. Isti Haryani

2. Jangan Makan Terburu-buru

Hal penting yang perlu diperhatikan saat makan adalah tidak makan secara terburu-buru. Kemudian penting untuk makan dengan porsi secukupnya saja.

3. Tidak Tidur Setelah Makan

Dokter Isti menegaskan untuk tidak rebahan atau tidur-tiduran setelah makan. Sebab perilaku tersebut akan memudahkan asam lambung naik ke atas dan mengakibatkan keluhan nyeri atau rasa tidak nyaman.

4. Pilih Makanan yang Tepat

Saat berbuka atau sahur, sebaiknya konsumsilah makanan dan minuman yang ramah dengan lambung. Hal ini untuk mencegah naiknya asam lambung dengan cepat setelah perut kosong.

"Hindari makanan-makanan berminyak seperti gorengan, kemudian makanan yang terlalu asam atau pedas, dan juga jauhi minuman bersoda serta minuman yang mengandung kafein," pungkas dr. Isti.

Selain mengatur pola makan, pengidap mag juga perlu memperhatikan pola tidur yang cukup guna mencegah naiknya asam lambung atau gangguan kesehatan lain.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia