Siswa Tahu Gak? Ternyata Buah dan Sayur Ini Tak Perlu Dikupas Saat Makan

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 28 Mar 2022 10:30 WIB
Ilustrasi buah apel dan anggur
Foto: Getty Images/iStockphoto/demaerre/Siswa Tahu Gak? Ternyata Buah dan Sayur Ini Tak Perlu Dikupas Saat Makan
Jakarta -

Apakah kamu selalu mengupas kulit buah dan sayur saat mengonsumsinya? Ternyata tidak semua buah dan sayur harus dikupas lo. Bahkan ada beberapa jenis buah dan sayur yang lebih baik tidak dikupas.

Hal itu karena ada nutrisi atau kandungan bermanfaat yang ada pada kulit buah atau sayur. Namun, jika hendak mengonsumsinya wajib memastikan kebersihan kulit sayur dan buah tersebut.

Lantas jenis buah dan sayur yang sebaiknya tidak dikupas? Berikut ini ulasannya dikutip dari akun instagram Kemdikbud RI.


6 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Perlu Dikupas:


1. Apel

Kebanyakan orang akan mengupas kulit buah apel hingga benar-benar tersisa dagingnya. Padahal buah apel sebaiknya dikonsumsi tanpa harus dikupas terlebih dahulu.

Hal ini karena Kulit buah apel mengandung pektin, serat larut yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dan gula darah.

Kandungan pektin ini juga lebih lambat dicerna sehingga ketika setelah makan apel, perut akan lebih lama merasa kenyang.

2. Anggur

Meski banyak orang sering makan anggur langsung dengan kulitnya, tapi mungkin ada yang belum tahu kandungan pada kulit anggur terutama anggur merah.

Kulit anggur merah memiliki kandungan resveratrol, fitokimia yang bermanfaat untuk jantung dan otak. Pada penelitian pada hewan, zat tersebut juga memperlambat pertumbuhan sel kanker.

3. Terung/Terong

Buat kamu yang suka terung atau terong, ternyata kulit terung mengandung antioksidan yang disebut nasunin. Bahkan dalam penelitian, antioksidan pada terung dikatakan penting untuk menjaga kesehatan jaringan otak.

4. Mentimun

Ternyata kulit mentimun memiliki lebih banyak kalsium, magnesium, fosfor, potasium, vitamin A serta vitamin K. Selain itu sebagian besar kandungan serat dalam mentimun berasal dari kulitnya. Maka dari itu, ketika mengonsumsi mentimun sebaiknya tidak dikupas terlebih dahulu.


5. Kentang

Tidak banyak yang tahu ternyata kentang yang tidak dikupas justru memiliki kandungan bermanfaat seperti lebih banyak serat, zat besi serta folat dibandingkan kentang yang telah dikupas kulitnya.

6. Wortel

Dalam sebuah uji coba laboratorium, kulit wortel dilaporkan memiliki potensi membunuh sel kanker. Zat pada kuliat wortel juga memiliki kandungan antijamur, antibakteri serta antiperadangan.


Nah, itulah 6 jenis buah dan sayur yang baik dikonsumsi tanpa harus dikupas kulitnya. Apakah ada buah atau sayur kesukaan detikers?



Simak Video "Pria Ini Sulap Lahan Sawah Jadi Agrowisata Apel India di Jembrana"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia