6 Zat yang Diperlukan Tubuh Manusia, Siswa Tahu Apa Saja?

Rika Pangesti - detikEdu
Selasa, 21 Des 2021 10:00 WIB
3 Alasan Protein Disebut Pembakar Lemak yang Bantu Turunkan BB
Foto: Getty Images/iStockphoto/m44/Zat yang Diperlukan Tubuh
Jakarta -

Zat yang diperlukan oleh tubuh manusia ada tiga, apakah siswa tahu terdiri dari apa saja? Zat yang dibutuhkan oleh tubuh bisa didapatkan dari bahan makanan.

Kesehatan tentu sangat berhubungan erat dengan sesuatu yang kita makan. Masyarakat semakin sadar dalam memilih dan mengatur pola makanan yang sehat. Untuk menghindari zat-zat yang terkandung dalam makanan yang merugikan kesehatan, banyak orang cenderung memilih sumber-sumber makanan yang dinilai aman dan sehat.

Makanan yang baik bukan diukur dari mahalnya harga, tetapi dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Mengonsumsi makanan bukan hanya untuk memenuhi rasa lapar, tetapi juga untuk memenuhi zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Mengutip dari buku "Ilmu Gizi Dasar Buku Pembelajaran" yang ditulis oleh Arie Dwi Alristina, S.KM., M.Kes, Rossa Kurnia Ethasari, S.Gz., M.Gz, dkk, zat gizi yang diperlukan manusia dibagi berdasarkan fungsi dan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ini penjelasannya:

1. Zat tenaga atau kalori terbesar yang menunjang aktivitas sehari-hari berasal dari karbohidrat, seperti beras, jagung, sagu, roti, tepung, dan kentang.

2. Zat pengatur mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, berperan mendukung melancarkan jalannya fungsi organ tubuh, seperti sayur dan buah.

3. Zat pembangun berperan sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan serta perbaikan sel dan jaringan tubuh. Makanan berprotein sumber zat pembangun yaitu kacang-kacangan (nabati), pangan hewani, dan hasil olahannya seperti ikan, daging ayam, susu, telur, dan lain-lain.

Berdasarkan jumlah kebutuhan gizi bagi tubuh manusia, zat terbagi dua golongan, yaitu:

1. Zat gizi makro adalah makanan utama yang membina dan memberi energi terbesar bagi tubuh manusia. Zat gizi makro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak. Zat makro terdiri atas karbohidrat, lemak, dan protein.

2. Zat gizi mikro adalah komponen zat gizi yang diperlukan agar zat gizi makro dapat berfungsi dengan baik. Zat gizi mikro dibutuhkan dalam jumlah kecil atau sedikit. Zat gizi mikro terdiri atas air, mineral dan vitamin.

Poin penting dari pengaturan pola makan dan gizi yang baik adalah harus mengonsumsi makanan untuk mendapatkan energi sesuai dengan energi yang dikeluarkan. Konsumsi yang tidak sesuai, baik kekurangan maupun kelebihan inilah yang dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh.

Seperti yang dikemukakan oleh PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang), dianjurkan untuk memenuhi 60-70% kebutuhan energi karbohidrat (terutama karbohidrat kompleks), 10-15% dari protein dan 10-25% dari lemak. Cara yang mudah memperkirakan takaran makan adalah memperkirakan jika sudah 70-80% kenyang maka berhentilah makan.

Dilansir dalam Medical News Today dijelaskan beberapa zat yang diperlukan untuk tubuh antara lain:

1. Vitamin

Vitamin adalah zat gizi mikro yang menawarkan berbagai kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah atau menunda kanker tertentu seperti kanker prostat, menguatkan tulang dan gigi, membantu penyerapan kalsium, menjaga kesehatan kulit hingga membantu tubuh memetabolisme protein dan karbohidrat.

Vitamin bisa kita dapatkan dari makanan seperti sayuran, buah dan protein tanpa lemak.

2. Mineral

Mineral juga menjadi salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh manusia. Tubuh membutuhkan keseimbangan mineral dari kedua kelompok untuk kesehatan yang optimal. Mineral seperti kalsium, magnesium, sulfur, kalium hingga sodium dapat membantu kesehatan kulit, rambut serta kuku dan juga menjaga keseimbangan kadar air.

3. Protein

Protein adalah zat yang diperlukan tubuh untuk mengoptimalkan fungsi setiap sel dalam tubuh. Protein juga berfungsi untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan otot, tulang, rambut dan kulit. Selain itu protein juga berfungsi sebagai sumber bahan bakar untuk sel dan jaringan yang dibutuhkan tubuh.

4. Lemak

Tubuh membutuhkan lemak sehat untuk menjaga kesehatan yang optimal. Lemak memberi tubuh energi dan dapat membantu menjalankan berbagai fungsi. Namun penting untuk konsumsi lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dan membatasi atau menghindari lemak jenuh dan lemak trans.

5. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi zat yang diperlukan oleh tubuh sebagai penyedia energi untuk semua sel dan jaringan di dalam tubuh. Karbohidrat terkandung dalam nasi, pasta hingga roti.

6. Air

Air merupakan zat gizi yang paling penting dibutuhkan oleh seseorang. Seseorang hanya dapat bertahan hidup beberapa hari tanpa konsumsi air. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air dan setiap sel membutuhkan air untuk berfungsi.



Simak Video "Kandungan Zat Besi Paling Tinggi di Bayam Cuma Mitos!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia