Sering Makan Pisang saat Perut Kosong Apakah Aman? Ini Kata Pakar IPB

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 25 Mar 2022 20:30 WIB
Ilustrasi Pisang
Foto: iStock/Sering Makan Pisang saat Perut Kosong Apakah Aman? Ini Kata Pakar IPB
Jakarta -

Pisang merupakan salah satu buah yang paling mudah ditemukan dan sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Termasuk mengonsumsi saat pagi hari saat perut masih kosong. Lantas apakah aman pisang dikonsumsi saat perut kosong?

Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ahmad Sulaeman menjelaskan bagaimana pengaruh pisang dengan kondisi perut kosong.

Pisang Aman Dikonsumsi Saat Perut Kosong?

Prof. Sulaeman mengatakan bahwa pisang yang biasa ditemukan yakni pisang meja aman untuk dikonsumsi.

"Pisang itu aman, pisang meja itu aman. Jadi mau dikonsumsi dalam bentuk mentah tidak diolah ataupun mau diolah misalnya digoreng dikolak itu aman. Jadi aman-aman saja, tidak ada masalah dengan pisang," jelasnya seperti dikutip dari akun YouTube IPB TV, Jumat (25/3/2022).

Prof Sulaeman menjelaskan yang terpenting jika pisang dikonsumsi secara mentah, perlu mengetahui jenis pisangnya. Apakah pisang meja atau pisang plantain.

"Kalau pisang plantain itu memang harus diolah dulu seperti pisang tanduk, pisang nangka, yang agak asam. Kalau dimakan sembarangan itu kalau di perut mungkin ada gangguan," imbuhnya.

Kandungan Bermanfaat Pisang untuk Tubuh

Salah satu alasan mengapa pisang baik dikonsumsi saat perut kosong karena kandungan yang dimilikinya. Pisang mengandung beberapa zat di antaranya:

1. Air
2. Karbohidrat
3. Protein
4. Lemak
5. Serat makanan

Selain itu, pisang juga mengandung zat gizi mikro seperti Vit B6, C, folat, Vit E serta mineral kalium dan magnesium yang membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa lapar.

Sementara itu, mengutip Ndtv Food, meskipun pisang mengandung kalium, serat, dan magnesium, namun perlu diperhatikan jika ingin mengonsumsinya. Hal yang perlu diperhatikan tersebut seperti tingginya jumlah gula yang terkandung dalam pisang memang meningkatkan energi.

Jadi, meski aman dikonsumsi saat perut kosong, perlu dipahami terlebih dahulu jenis pisang yang dikonsumsi serta kondisi tubuh detikers, ya!



Simak Video "Prinsip Diet Sehat Setelah Libur Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia