Teks Berita dan Cara Menulisnya

Rika Pangesti - detikEdu
Jumat, 21 Jan 2022 18:00 WIB
Crop person using typewriter
Ilustrasi pembuatan teks berita. Foto: iStock
Jakarta -

Teks berita adalah hal pertama yang dituju saat mencari informasi terkini. Kemudahan akses informasi online memudahkan setiap orang untuk membaca berita di manapun dan kapanpun. Apa itu teks berita?

Menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI), berita adalah, kabar, cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa hangat. Dalam Buku Materi Kelas 8 Oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teks berita adalah suatu teks yang berisi informasi mengenai suatu hal, kejadian, atau peristiwa yang terjadi dan masih hangat dibicarakan oleh banyak orang.

Meski sama-sama memuat informasi terkini, teks berita berbeda dengan teks majalah atau informasi layanan masyarakat. Teks berita umumnya memiliki ciri: informasi berdasarkan fakta dan dapat dipercaya, memuat informasi terkini, disusun dengan gaya bahasa unik dan menarik, bersifat netral, dituliskan dengan sistematis dan lengkap, dan mudah dipahami.

Teks berita umumnya memuat 5W + 1 H yaitu What (apa kejadian yang diberitakan), When (kapan waktu terjadinya), Where (di mana tempat terjadinya), Why (mengapa kejadian itu terjadi), dan How (bagaimana proses terjadinya). Setelah mengumpulkan informasi 5W +1 H dari suatu kejadian, informasi akan ditulis secara singkat, padat, dan jelas sehingga memudahkan pembaca dalam memahami isi berita.

Cara menulis teks berita

Agar lebih paham mengenai teks berita, latihlah kemampuan menulis teks berita dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan topik berita

Siswa perlu menentukan kejadian apa yang menarik dan perlu diketahui oleh orang banyak.

2. Mengumpulkan informasi

Setelah mengetahui topik apa yang akan ditulis, siswa perlu mengamati langsung pada lokasi kejadian. Hal ini untuk mengumpulkan informasi yang akan dimuat dalam teks berita. Informasi yang dicatat mengikuti pola 5W + 1H

3. Menulis berita

Setelah informasi terkumpul, saatnya menuliskan teks berita. Teks berita perlu memuat 5W+1H dan ditulis secara singkat, padat, dan jelas. Isi teks berita ditulis dari informasi yang paling penting hingga kurang penting.

Itulah penjelasan mengenai teks berita dan cara menulisnya. Jangan lupa untuk menuliskan berita semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca tulisanmu.



Simak Video "Cara Membedakan Berita Hoax di Sejumlah Platform"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia