Bangsa Eskimo Mendiami Wilayah Mana? Ini Penjelasannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 22 Des 2021 14:30 WIB
Ilustrasi igloo
Foto: Getty Images/ra-photos
Jakarta -

Eskimo adalah orang-orang yang tinggal di daerah Kutub Utara bumi. Bangsa Eskimo mendiami wilayah Siberia (Rusia), Alaska (Amerika Serikat), Kanada, dan Greenland.

Bangsa Eskimo sendiri hidup di lingkar atas Kutub Utara dan memiliki sebuah rumah unik yang bernama igloo. Igloo terbuat dari es, bentuknya menyerupai setengah bola, dan berpintu masuk berupa silinder.

Suku eskimo membuat igloo untuk berlindung dari udara dingin dan hewan buas seperti beruang. Suku eskimo memakai pakaian yang berlapis-apir dan sangat tebal. Suku eskimo juga melakukan aktivitas dalam kehidupan kutub yang jauh dari peradaban teknologi canggih.

Meskipun hidup di Kutub Utara, orang Eskimo memakan apa yang ada di sekitarnya seperti aning lait, paus, karibu, dan beruang kutub. Selain itu makan burung dan telur, dan ikan termasuk cod Arktik, sculpin, dan ikan danau tawar.

Orang Eskimo juga makan tumbuhan seperti rumput laut, rumput, akar dan beri. Walaupun banyak memakan beri, orang eskimo sangat sehat karena banyak mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3.

Bangsa Eskimo mendiami wilayah Siberia (Rusia), Alaska (Amerika Serikat), Kanada, dan Greenland. Mereka juga memiliki menu-menu khas yang tersedia di meja makan. Berikut adalah menu-menunya yang dikutip dari CNN Indonesia:

1. Akutaq adalah beri yang dicampur dengan lemak. Akutaq terbuat dari lemak padat dengan beri seperti cranberry, salmon berry, crowberry, cloudberry dan blueberry, ikan, akar dengan minyak binatang atau lemak.

Akutaq juga dicampur dengan gula, susu, dan mentega.

2. Bannock adalah makanan berbentuk roti pipih.

Roti ini terbuat dari tepung gandum, soda kue, gula, lemak babi, dan air atau susu. Bahan ini dicampur dan diuleni. Kemudian digoreng dengan lemak, minyak sayur atau mentega.

Berikutnya roti dipanggang dalam oven dan dimasak di atas tongkat. Orang eskimo juga menyantap Bannock bersama rempah dan buah kering.

3. Suaasat adalah sup yang terbuat dari daging anjing laut, paus, karibu, atau burung laut, dan daging rusa kutub. Sup ini diberi bawang Bombay dan kentang. Bumbunya menggunakan garam, lada, dan daun salam.

4. Orang Eskimo juga memasak saatsal kental dengan beras. Barley juga direndam semalam sehingga barley menjadi lunak.

Jadi bangsa Eskimo mendiami wilayah Siberia (Rusia), Alaska (Amerika Serikat), Kanada, dan Greenland ya detikers! Sampai di sini, sudah paham kan?



Simak Video "Rekor! Suhu Arktik Mencapai 38 Derajat Celcius"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia