Belajar dari Pakar

Kok Bisa Roket Nggak Kebakar Saat Lewat Atmosfer? Ini Rahasianya

Dixon Thomas - detikEdu
Kamis, 16 Des 2021 08:30 WIB
Dixon Thomas
Dixon Thomas
Dixon Thomas pendiri akun Physible, seorang lulusan fisika yang cukup berbahagia. Physibles adalah akun edukasi populer yang mempunyai misi untuk mengobati alergi orang – orang terhadap fisika.
The SpaceX Falcon 9 rocket carrying a PAZ Earth Observation satellite jettisons the faring after its launch from Vandenberg Air Force Base (AFB), California, U.S., February 22, 2018.  REUTERS/Gene Blevins
Peluncuran roket Falcon 9 milik SpaceX (Foto: Dok. REUTERS/Gene Blevins)
Jakarta -

Temen - temen detikers pasti sadar kan kalo salah satu kemajuan paling pesat di era modern ini adalah eksplorasi luar angkasa. Dulunya manusia cuma bisa ngeliatin bulan dari jauh, sekarang udah bisa ngeksplor bulan itu sendiri.

Tapi ya di sisi lain memang masih ada perdebatan seputar kebenaran misi-misi luar angkasa ini. Salah satu argumen paling sering dikeluarin oleh kelompok yang menyebut misi ini bohongan adalah : "Kenapa roket ga kebakar sih saat berada di atmosfer? Padahalkan sama-sama cepet kaya meteor!". Sering denger kan?

Dan ternyata, roket itu enggak kebakar kayak meteor karena dia meluncurnya ke atas! Gitu doang? Gini nih temen - temen detikers: Kayak yang kita semua tahu, penyebab benda kebakar waktu lewatin atmosfer itu kan gesekan.

Dengan digesek sama udara, benda yang lewat di atmosfer itu bakalan nambah panas terus dan setelah beberapa lama, dia bakalan kebakar. Semakin besar gesekan dari udara itu, makin cepat kebakar juga itu benda. Ini nih yang terjadi sama meteor!

Waktu meteor jatuh ke Bumi, makin lama dia makin cepat. Selain tambah cepat, makin dekat dia sama Bumi, atmosfer juga makin tebal. Artinya udara yang bergesekan dengan meteor juga makin banyak.

Karena kecepatannya bertambah dan udara yang gesek tambah banyak, gesekannya jadi makin gede secara terus-menerus. Makanya itu meteor mudah banget kebakar waktu jatuh ke bumi.

Tapi roket beda!

Waktu roket terbang ke atas, dia memang nambah cepat terus. Namun, makin dia gerak naik, udara yang gesek itu roket juga makin dikit. Makanya gesekan yang dialamin roket enggak nambah besar dengan signifikan kayak meteor jatuh. Jadinya enggak kebakar deh dia!

Rahasia ini simpel banget kan detikers? Tapi tunggu dulu, jangan-jangan teman-teman masih nanya "Kalau gitu, kenapa roket enggak kebakar waktu balik lagi ke bumi?" Benar kan? Dan ternyata roket sebenarnya juga kebakar waktu balik ke bumi lagi!

Hanya saja bedanya, di roket yang kebakar bukan semua bagian roketnya! Dia punya bagian khusus yang memang dipersiapin untuk kebakar. Namanya itu Heat Shield!

Contohnya aja kayak pesawat Orion. Waktu dia kembali ke Bumi, heat shield-nya kebakar dan lepas dikit demi sedikit dari pesawatnya.

Karena heat shield yang kebakar ini lepas dan terbang menjauh kaya mantan, pesawat yang ngangkut manusianya jadi terlindungi dan enggak ikut kebakar. Makanya dia tetap mendarat dengan selamat! Terjawab sudah kan?



Simak Video "Roket Rusia Hantam Mobil, 2 Orang Terbakar di Dalamnya"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia