Cara Cek Penerima PIP di Situs pip.kemdikbud.go.id 2021, Kamu Dapat?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 13 Des 2021 14:47 WIB
program indonesia pintar (PIP)
Cara cek penerima PIP di situs pip.kemdikbud.go.id 2021. Foto: Screenshoot situs Puslapdik pip.kemdikbud.go.id 2021
Jakarta -

Data penerima Program Indonesia Pintar atau PIP bisa dicek melalui situs pip.kemdikbud.go.id 2021 dengan mudah. Penerima PIP juga bisa melihat apakah bantuan sudah masuk atau belum.

PIP sendiri merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah kepada anak dari keluarga kurang mampu yang masih duduk di bangku SD, SMP, dan SMA/SMK sederajat.

Penerima bantuan PIP adalah siswa yang memiliki atau terdaftar pada Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang disalurkan melalui sekolah masing-masing siswa. Bantuan ini dicairkan secara bertahap setiap bulannya sejak bulan Juli dan Agustus lalu. Pencairan tersebut terus berlanjut di bulan Desember 2021.

Dikutip dari pip.kemdikbud.go.id, target penyaluran dana PIP sendiri adalah 10,80 juta siswa. Hingga per 8 Desember 2021 kemarin, dana PIP sudah disalurkan kepada 12.908.246 siswa. Calon penerima PIP Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dapat melakukan aktivasi rekening dan penarikan dana bantuan dalam satu kali kedatangan di bank penyalur.

Proses tersebut dapat dilakukan sebelum 31 Desember 2021. berikut cara cek penerima bantuan di pip.kemdikbud.go.id 2021 dan cara mencairkan bantuannya


A. Cara Cek Penerima PIP di pip.kemdikbud.go.id 2021

Untuk mengecek penerima PIP, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Masuk ke situs pip.kemdikbud.go.id.

2. Setelah masuk laman SIPINTAR, akan muncul fitur 'Cari Penerima PIP' yang dapat diakses tanpa perlu login

3. Isi data NISN siswa, tanggal lahir dan nama ibu kandung

4. Secara otomatis akan muncul nama siswa penerima PIP. Jika tidak muncul, siswa tersebut belum menerima bantuan PIP

B. Cara Mencairkan Bantuan PIP di pip.kemdikbud.go.id 2021

Setelah berhasil login di pip.kemdikbud.go.id 2021 dengan NISN Siswa dan mendapatkan data PIP, peserta yang terpilih bisa mencairkan dana tersebut.

Untuk siswa SMA, bisa langsung mendatangi bank penyalur terdekat, seperti BRI dan BNI. Sedangkan untuk siswa SD/SMP harus didampingi oleh orang tua/wali/guru untuk mencairkan dana PIP.

Sebelum mencairkan dana PIP, pastikan siswa menyiapkan data pendukung yang sah. Pengambilan dana PIP ini bisa dilakukan secara perorangan maupun kolektif.

Informasi lengkap dan update terkait pengumuman bantuan PIP bisa cek di laman pip.kemdikbud.go.id 2021.



Simak Video "Merajut Asa Kembali ke Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia