7 Macam Bioma yang Harus Diketahui, Lengkap dengan Cirinya

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 15 Sep 2021 14:15 WIB
Hutan Epping di London
Foto: (Getty Images/iStockphoto)/7 Macam Bioma yang Harus Diketahui, Lengkap dengan Cirinya
Jakarta - Bioma adalah persebaran flora dan fauna di darat yang dapat dipelajari melalui sebuah sistem. Dalam bioma terdapat ekosistem besar yang memiliki flora dan fauna yang khas.

Salah satu contoh bioma yaitu bioma taiga terdapat di negara Rusia dan Kanada. Selain Taiga, terdapat 6 macam bioma lainnya yaitu bioma gurun, stepa, sabana, hutan basah atau hutan hujan tropis, hutan gugur, dan tundra.

Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari buku Pasti Bisa Geografi untuk SMA/MA Kelas XI karya Tim Ganesha Operation.

Macam-macam Bioma di Dunia

1. Bioma Gurun

Bioma gurun adalah bioma yang didominasi oleh batu atau pasir dengan sedikit tumbuhan. Pada bioma gurun ini, keadaan air sangat sedikit.

Walaupun keterbatasan air, di bioma ini hidup berbagai macam flora dan fauna, terutama yang tahan terhadap kekeringan. Bioma ini terdapat di Pantai Atlantik di Afrika hingga ke Asia Tengah.

Contoh bioma gurun tersebut, yaitu Gurun Sahara, Gurun Arab, dan Gurun Gobi yang luasnya mencapai 10 juta km2.

2. Bioma Sabana

Sabana adalah padang rumput yang luas dan diselingi oleh pepohonan yang agak tinggi dan tumbuhnya menyebar. Dalam bioma ini biasa ditumbuhi pohon palem dan akasia.

Bioma sabana menempati daerah luas, seperti di Benua Afrika, Amerika Selatan, dan Australia. Sabana pada umumnya terbentuk di daerah tropis sampai subtropis.

3. Bioma Stepa

Stepa atau padang rumput terbentang dari daerah tropis sampai ke daerah subtropis yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Bioma stepa merupakan padang rumput yang tidak diselingi oleh kumpulan pepohonan. Jika ada pepohonan di stepa maka jumlahnya sedikit.

4. Bioma Taiga

Bioma yaitu bioma taiga terdapat di negara Rusia dan Kanada. Bioma Taiga adalah bioma terluas dari bioma-bioma lainnya yang ada di bumi.

Ciri-ciri bioma taiga adalah pohon utamanya yang sering tumbuh berjenis konifer. Oleh karena itu, hutan yang ada di bioma taiga sering disebut sebagai hutan konifer.

Pohon-pohon di hutan konifer sendiri membentuk jarum dan mempunyai zat lilin yang di bagian luarnya tahan terhadap kekeringan. Contoh tumbuhan konifer adalah alder, birch, juniper, dan spruce.

5. Bioma Hutan Hujan Tropis

Bioma hutan hujan tropis memiliki berbagai macam jenis tumbuhan karena sepanjang tahun mendapatkan sinar matahari yang cukup serta curah hujan yang tinggi. Bioma ini terdapat di daerah tropis seperti Semenanjung Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Madagaskar, Australia bagian utara, Indonesia, dan Malaysia.

6. Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur terdapat di daerah yang beriklim sedang, yaitu yang meliputi wilayah Amerika Serikat bagian Timur, ujung Selatan Benua Amerika, Kepulauan Inggris, dan Australia. Pohon-pohon yang terdapat di bioma hutan gugur memiliki ukuran besar dan pendek seperti pohon oak, basswood, dan terna bunga.

7. Bioma Tundra

Bioma Tundra terdapat di daerah lingkar Kutub Utara dan Kutub Selatan. Pada bioma ini tidak terdapat pohon besar hanya ada rumput dan lumut. Bioma ini terdapat di sekitar lingkar Artik, Greenland di wilayah Kutub Utara. Di Kutub Selatan, bioma Tundra terdapat di Antartika.

Jadi bioma taiga terdapat di negara Rusia dan Kanada atau di belahan bumi bagian utara. Apakah penjelasan di atas mudah dipahami?

Simak Video "Tasya Kamila Jadi Guru Geografi dan Bahasa Inggris Online"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia