Tim Polri TV dan Babin Viral Isi Rakernis Bidhumas Polda NTB

Sukma Nur - detikBali
Kamis, 04 Agu 2022 14:21 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Rapat kerja teknis (Rakernis) Bid Humas Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2022 dihadiri langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto. Ia menilai rakernis yang diadakan di Ballroom Hotel Aston Inn, Mataram pada Rabu (3/8) kemarin layak mendapatkan nilai 8,5 dalam pelaksanaannya.

"Angka minimal orang lulus adalah 6,5 jadi untuk Rakernis Bidhumas ini saya kasih 8,5 lah," ujar Irjen Pol Djoko dalam keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

Ia menjelaskan Rakernis Bid Humas Polda NTB tahun ini dilakukan agar polisi mampu berkomunikasi dengan semua pihak, baik itu masyarakat, media, ataupun berbagai instansi terkait.


"Polisi harus mampu menyampaikan situasi yang ditangani di tengah masyarakat, supaya kepercayaan masyarakat tetap terjaga," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengatakan pihaknya telah melaksanakan Rakernis kali ini dengan mendatangkan narasumber dari berbagai kalangan media. Tujuannya adalah agar polisi yang bekerja di kehumasan dapat memahami manajemen media dengan baik.

"Kita datangkan narasumber dari Polri TV, radio Babin Viral, dan influencer serta dari media supaya polisi yang bekerja di kehumasan faham management media," jelasnya.

Artanto berharap semua anggota Polri mempunyai ilmu dalam bidang kehumasan. Hal tersebut harus diupayakan agar saat berhadapan dengan media mereka dapat memberikan informasi terupdate, dan terpercaya.

Selaku pemateri, Direktur sekaligus Pimpinan Redaksi polri TV Radi Rahmawati memiliki keinginan agar semua Polri, terutama pejabat memahami dan menguasai materi sebelum menghadapi wartawan. Karena itu, ia menyampaikan materi terkait bagaimana Polri bisa menyampaikan berita atau informasi yang terkini, transparan dan akuntabel.

"Dalam materi yang saya sampaikan, bagaimana kita menguasai materi apa yang ingin kita sampaikan, untuk menjawab pertanyaan wartawan yang ingin mendapatkan informasi akurat, transparan dan akuntabel," paparnya.

Saat penyampaian materi, Rahma panggilan Radi Rahmawati juga mempraktekan bagaimana tata cara wartawan mencecar Dirnarkoba dengan sejumlah pertanyaan hingga terbawa arus dan terpojok. Tujuannya, Rahma ingin menunjukkan bahwa polisi harus siap dengan materi agar dapat memberikan informasi yang akurat kepada media. Penyampaiannya tersebut berhasil membuat para peserta termasuk Kapolda NTB dan Wakil serta PJU Polda NTB lainnya menyimak dengan baik.

Selain Rahma, ada juga Babin Viral Herman yang menyampaikan materi dalam acara tersebut. Ia memberikan edukasi kepada semua peserta supaya dapat membuat konten yang inspiratif, edukatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

"saya hanya berbagi pengalaman dengan peserta, terkait bagaimana membuat konten yang bermanfaat untuk masyarakat, dan bagaimana konten tersebut ditonton oleh masyarakat," katanya.

Sebagai informasi, kegiatan Rakernis tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni pada Rabu dan Kamis tanggal 3 dan 4 Agustus 2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh Para PJU, Kapolres sepulau Lombok dan kapolres jajaran Pulau Sumbawa yang mengikuti via Zoom dan serta juga Bhabinkamtibmas.



Simak Video "Tiu Kelep, Bersantai Menikmati Keindahan Air Terjun di Atas Floaties, Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)