Resep Sate Lilit Ayam Khas Bali, Tusuk Pakai Sereh Dijamin Maknyus

Tim detikBali - detikBali
Sabtu, 21 Mei 2022 14:22 WIB
10 Resep Sate Tradisional, Ada Sate Madura hingga Sate Lilit Bali
Sate Lilit. (Foto: iStock/detikfood)
Denpasar -

Sate lilit adalah makanan khas Bali. Sate lilit bisa terbuat dari beberapa jenis daging, diantaranya daging babi, sapi, ayam, hingga ikan laut.

Tidak seperti sate pada umumnya, tusuk sate lilit terbuat dari bambu yang berukuran lebar atau bisa menggunakan batang sereh.

Berikut resep membuat sate lilit ayam khas Bali dikutip dari cookpad.com pada sabtu (21/5/2022) yang bisa dicoba di rumah.


Bahan-bahan

500 gram fillet dada ayam

25 batang serai segar

100 gr kelapa kupas parut

65 ml santan instant

2 helai daun jeruk, iris halus

Bumbu Halus:

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

3 butir kemiri

3 buah cabe merah keriting

1/2 jari kencur

1/2 jari kunyit

Secukupnya garam, gula pasir, lada bubuk dan kaldu bubuk jamur

Cara membuat

1. Haluskan bumbu. Blender dengan air, lalu gongso bumbu sampai airnya susut baru masukkan minyak goreng, tumis sampai bumbu harum, tanak dan matang. Sisihkan.

2. Cuci bersih batang serai, potong sepanjang 20cm untuk dijadikan tusuk sate lalu rendam dalam air bersih. Nanti setelah akan dipakai baru ditiriskan agar batang serai tidak mudah terbakar atau lepas saat dibakar/dipanggang.

3. Haluskan fillet dada ayam menggunakan chopper. Setelah halus, campur dengan irisan daun jeruk.

4. Masukkan daging dalam bumbu yang sudah ditumis. Tambahkan santan instant, kelapa parut, garam, gula, lada bubuk dan kaldu jamur bubuk. Aduk hingga rata. Adonan siap dibentuk.

5. Tiriskan serai. Ambil batang serai, lalu ambil 1 sdm adonan, lilitkan adonan pada pangkal batang serai sambil dikepal perlahan. Letakkan sate yang sudah dililit di atas nampan yang sudah dialasi daun dan minyak goreng agar tidak lengket. Lakukan sampai habis. Sate siap dipanggang atau dibakar.



Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Bali Tersembunyi di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)