Alasan Purnami, Wanita Cantik Asal Kuta yang Nikahi Tahanan

Tim detikBali - detikBali
Rabu, 20 Apr 2022 11:02 WIB
Pasangan Bawa-Purnami yang menikah di kantor polisi
Prosesi pernikahan antara Wayan Bawa Kartika (kiri) dan kekasihnya I Ketut Purnami di Mapolresta Denpasar (Foto: Dok.Detikcom)
Denpasar -

Pernikahan I Wayan Bawa Kartika (34), tahanan kasus narkotika yang menikah dengan kekasihnya Ni Ketut Purnami di Rutan Polresta Denpasar masih jadi perbincangan

Kedua pasangan ini terpaksa melangsungkan pernikahan di kantor polisi setelah Wayan Bawa terjerat kasus narkotika.

Lalu siapa sebenarnya Bawa dan Purnami?


Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Polresta Denpasar Kompol I Nengah Sumadi menerangkan, kisah dua sejoli ini dipertemukan di Tabanan.

Wayan Bawa, pria asal Banjar Sading, Desa Babakan, Kecamatan/kabupaten Gianyar ini dipertemukan dengan Purnami yang saat itu bekerja sebagai karyawan di Tabanan. Tidak banyak yang bisa dikisahkan dari perjalanan cinta keduanya dari Sumadi.

Sumadi hanya tahu, jika Purnami tinggal di kawasan Kuta, Kabupaten Badung. "Ini orang Kuta ceweknya. Ya ketemu. Begitu saja setahu saya,"terang Kompol Sumadi

Sumadi beralasan enggan menceritakan lebih jauh tentang hubungan keduanya, dengan alasan menghargai privasi mereka.

Menurutnya, pernikahan Bawa yang berstatus sebagai tahanan narkotika dan kekasihnya Purnami tetap digelar karena Purnami sudah berbadan dua.

Bahkan dari perkiraan, usia kandungannya sudah mencapai tujuh bulan.

"Ada tuntutan karena sudah hamil. Dia (usia kandungannya) sudah tujuh bulan" jelas Sumadi.

Untuk diketahui, I Wayan Bawa Kartika ditangkap di Jalan Imam Bonjol, tepatnya di Banjar Abian Timbul, Kelurahan Peemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar pada Jumat (3/12/2021) sekitar pukul 04.00 WITA. Saat itu ia membawa sabu-sabu 163,64 gram dan 30 butir ekstasi.

"Total barang bukti yang ditemukan berupa 22 plastik klip berisi sabu dan 30 butir ekstasi," kata Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (18/4/2022) lalu.

Menurut Bambang, I Wayan Bawa Kartika ditangkap setelah ada informasi dari masyarakat bahwa seorang laki laki bernama Bawa sering mengedarkan narkoba di wilayah Denpasar.

Polisi kemudian mendapat informasi bahwa tersangka indekos di Kelurahan Babakan, Kabupaten Gianyar. Polisi kemudian melakukan penyelidikan terhadap I Wayan Bawa Kartika.

Polisi kemudian melihat I Wayan Bawa Kartika melintas di Jalan Imam Bonjol Denpasar pada Kamis (2/12/2021). Saat itu polisi kemudian memberhentikan yang bersangkutan dan ditemukan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu dan ekstasi usai digeledah.

"Kemudian dilakukan pengeledahan di rumah kos Banjar Sading, Gianyar ditemukan lagi barang narkotika berupa sabu dan ekstasi," jelas Bambang.

Akibat perbuatannya itu, I Wayan Bawa Kartika dijerat Pasal 112 ayat (2) dan Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang (UU) Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (*)



Simak Video "Gegara Narkoba, Pria Ini Terpaksa Menikah di Kantor Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/dpra)