5 Bahan Alami untuk Redakan Sakit Gigi, Yuk Coba!

Tim detikHealth - detikBali
Minggu, 14 Agu 2022 21:56 WIB
Ilustrasi sakit gigi
Ilustrasi sakit gigi - Sakit gigi memang menyebalkan. Beberapa orang bahkan kerap mengalami sakit gigi yang datang sewaktu-waktu. Simak 5 bahan alami untuk meredakan sakit gigi ini. (Foto: shutterstock)
Denpasar -

Sakit gigi memang menyebalkan. Beberapa orang bahkan kerap mengalami sakit gigi yang datang sewaktu-waktu. Bagaimana cara mengatasi atau meredakan sakit gigi?

Baca artikel berikut ini untuk mendapatkan tips meredakan dan mengatasi sakit gigi menggunakan bahan alami.

Sebenarnya ada beberapa cara meredakan sakit gigi yang mudah dilakukan. Namun, ketahuilah bahwa gigi merupakan tempat berkumpulnya sarang kuman. Oleh karenanya, gigi perlu dirawat dengan baik. Pastikan gigi Anda bersih, terutama pada saat malam hari.


Beberapa orang mengira bahwa obat medis menjadi satu-satunya jalan untuk meredakan sakit gigi. Ternyata ada banyak bahan sederhana yang bisa dicoba untuk meredakan sakit gigi lho.

Mengatasi dan Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Nah berikut adalah 5 bahan alami untuk meredakan sakit gigi sebagaimana dikutip detikHealth dari Medical News Today:

1. Garam

Salah satu studi mengatakan bahwa berkumur dengan air garam dapat mencegah radang gusi, karang gigi, dan masalah gigi berlubang. Berkumur dengan air garam adalah cara meredakan sakit gigi dengan mudah yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang.

Larutan garam mengandung banyak mineral yang sering kita jumpai seperti yodium, fosfor, cobalt, kalium, kalsium, chlor, dan zinc. Kandungan mineral Dalam garam dapat membuat bakteri susah hidup di dalam mulut.

2. Madu

Madu juga dapat dicoba untuk meredakan sakit gigi. Madu memiliki khasiat nutrisi yang beragam, seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, kalium, dan lain sebagainya.

Selain digunakan sebagai pengganti gula untuk rasa manis alami, madu juga bersifat sebagai antibakteri yang berguna untuk meredakan nyeri gigi dan gigi ngilu. Bahkan, madu dipercaya ampuh untuk meningkatkan sel kekebalan tubuh.

Caranya, cukup mengambil satu sendok madu kemudian tuangkan ke dalam gelas berisi air hangat dan aduk hingga rata. Lalu, gunakan larutan air madu tersebut untuk obat kumur selama 30 detik. Setelah itu, buang air kumur yang sudah terpakai, lalu minumlah air putih secukupnya.

3. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini memiliki manfaat sebagai pereda gigi ngilu yang alami. Kunyit sering digunakan sebagai ramuan obat.

Adapun fungsi kunyit bisa melawan bakteri penyebab infeksi pada gusi serta menjadi obat alami untuk meredakannya. Caranya, siapkan setengah ruas kunyit, kemudian di parut halus.

Setelah itu, letakan pada gigi yang terasa sakit dan tunggu beberapa menit. Lalu, dilanjutkan dengan kumur dengan air putih agar rasa kunyit di dalam mulut dapat berkurang.

4. Es Batu

Seringkali es batu dianggap sebagai penyebab gigi ngilu akibat suhu dingin yang dimilikinya lebih dingin dari titik bekunya. Namun, ternyata suhu dingin es batu dapat membantu mengebaskan saraf di dalam mulut sebagai pemicu nyeri. Akibatnya rasa sakit pada gigi dapat reda sementara.

Tak hanya itu, suhu dingin pada es merangsang penyempitan pembuluh darah pada wajah, sehingga dapat memperlambat aliran darah untuk bergerak menuju tempat yang sakit. Cukup mengompres es batu pada gigi yang sakit selama 15 menit untuk meredakan sakitnya dengan cepat.

5. Bawang Putih

Bawang putih diketahui sebagai bumbu dapur yang kaya nutrisi serta rendah kalori. Per siung bawang putih mengandung vitamin C, kalsium, tembaga, fosfor, vitamin B, zat besi, dan kalium.

Cara mengatasi sakit gigi menggunakan bawang putih cukup mudah. Pertama, iris tipis bawang putih kemudian gigit irisan tersebut di area gigi yang sedang sakit.

Bisa juga dengan menghaluskan bawang putih dan oleskan pada area gigi yang sedang ngilu. Tetapi jangan terlalu lama membiarkan bawang putih berada di dalam mulut, karena dapat menyebabkan luka bakar pada gusi dan merusak jaringan lunak dalam mulut. Cukup oleskan bawang putih pada gigi yang sakit dengan rentang waktu secukupnya.



Simak Video "Sains di Balik Cat Ajaib yang Jadi Gaun Bella Hadid"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)