Rayakan Dibukanya Pariwisata Bali, BHA-BRCA Gelar Festival Kuliner

Triwidiyanti - detikBali
Kamis, 07 Jul 2022 01:05 WIB
Bali Hotel Association (BHA) berkolaborasi dengan Bali Restaurant and Cafe Association (BRCA) meluncurkan Suistanable Food Festival dari (8-24 Juli 2022).
Bali Hotel Association (BHA) berkolaborasi dengan Bali Restaurant and Cafe Association (BRCA) meluncurkan Suistanable Food Festival dari (8-24 Juli 2022). (Foto: Istimewa)
Badung -

Bali Hotel Association (BHA) berkolaborasi dengan Bali Restaurant and Cafe Association (BRCA) meluncurkan Suistanable Food Festival dari (8-24 Juli 2022. Event yang bertujuan sebagai perayaan dibukanya Bali untuk wisatawan mancanegara (wisman) itu dilaksanakan di 44 venue hotel yang berpartisipasi.

Ketua Panitia Suistanable Food Festival Kevin Girard mengatakan 44 hotel yang terlibat dalam festival menyajikan makanan lokal dan mengedepankan kearifan lokal dalam bahan-bahannya.

"Setiap hotel harus mampu menampilkan bagaimana memperkenalkan makanan lokal sebagai bahan yang disajikan nantinya," kata Kevin di Conrad Hotel, Tanjung Benoa, Rabu (6/7/2022).


Sejumlah kriteria kunci tentang keberlanjutan menjadi pokok utama dari festival tersebut. Antara lain, minimum dua jenis makanan untuk makan siang dan tiga jenis makanan untuk makan malam. Bahan-bahan yang digunakan juga harus 100 % asli dari Indonesia.

Tak hanya itu, selain mengajak kreativitas peserta hotel untuk membuat makanan lokal, event ini juga mengajak peserta untuk mengurangi keluaran sampah hingga mendekati nol.

Sementara itu, Ketua BHA Fransiska Handoko, mengatakan festival ini bertujuan untuk menghadirkan lebih dari sekedar festival makanan biasa hasil kreasi dari hotel anggota dan restoran yang berpartisipasi dapat dinikmati saat makan siang dan malam selama festival berlangsung.

"Kamu harap para wisatawan yang berkunjung ke Bali dapat mengunjungi peserta festival untuk menikmati pengalaman bersantap yang tak terlupakan," ucapnya.

Tahun lalu, katan dia, ada sekitar 1.300 order makanan di setiap hotel yang berpartisipasi dengan kerjasama 45 total supplier. Total dan perkiraan nilai total transaksi Rp 300 juta.

"Tahun ini kita belum tahu, kita harapkan lebih," ujarnya.



Simak Video "Berburu Kuliner Nusantara di Passer Legende PIM"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)