HUT Kota Amlapura: Kiriman Sampah TPA Butus Jadi 50 Ton per Hari

I Wayan Selamat Juniasa - detikBali
Jumat, 24 Jun 2022 20:37 WIB
Tumpukan sampah yang ada di salah satu sudut Lapangan Candra Buana terlihat meluber saat berlangsungnya HUT Amlapura, Jumat (24/6/2022) malam.
Tumpukan sampah yang ada di salah satu sudut Lapangan Candra Buana terlihat meluber saat berlangsungnya HUT Amlapura, Jumat (24/6/2022) malam. Foto: I Wayan Selamat Juniasa
Karangasem -

Kota Amlapura memperingati hari jadi yang ke-382 pada 22 Juni yang lalu, sejak saat itu juga volume sampah yang dihasilkan di Kota Amlapura mengalami kenaikan sekitar 30 persen. Sehingga total kiriman sampah ke TPA Butus kini menjadi 50 ton per harinya. Di mana pada hari biasa kiriman sampah sebanyak 35-40 ton per hari.

"Volume sampah sebenarnya sudah mulai meningkat sejak Hari Raya Galungan dan Kuningan. Kemudian ditambah lagi ada HUT Kota Amlapura di mana antusias masyarakat untuk menyaksikan beberapa hiburan dan juga pameran sangat tinggi. Sehingga volume sampah juga meningkat khususnya yang ada di Kota Amlapura yang mencapai sekitar 30 persen per harinya saat ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karangasem I Nyoman Tari, Jumat (24/6/2022).

Untuk mengantisipasi tumpukan sampah di kota saat ini khususnya yang di lapangan Candra Buana, pihak DLH Karangasem mengerahkan sebanyak 20 orang petugas untuk terus berada di lapangan dengan dibagi ke dalam dua shift yaitu siang dan malam. Juga menyiapkan tempat sampah tambahan berupa kantong-kantong plastik.


"20 orang yang bertugas khusus di lapangan Candra Buana kita bagi ke dalam dua shift, 10 orang di siang hari dan 10 orang lagi di malam hari. Jadi setelah keramaian reda para petugas langsung melakukan pembersihan kemudian diangkut menuju truk yang selalu standby di sana dan setelah truk penuh langsung dikirim menuju TPA Butus," kata Tari.

Tari juga mengatakan terkait dengan volume sampah sebenarnya setelah ada himbauan soal pembatasan kiriman sampah campuran dari desa ke TPA Butus, kiriman sampah campuran tersebut sudah berkurang. Namun kini kembali meningkat terkait HUT Kota Amlapura.

"Sebenarnya kiriman sampah ke TPA Butus sempat berkurang dalam beberapa hari tapi sekarang meningkat lagi. Dari sebelumnya sudah berkurang menjadi 40 ton per hari kini meningkat lagi menjadi 50 ton per hari," kata Tari.



Simak Video "Ekspedisi Pencinta Lingkungan Berburu Jaring Hantu di Laut Hawaii "
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)