Aceh

Kemarau Panjang, Kolam Pemandian Mata Ie Aceh Besar Kekeringan

Agus Setyadi - detikSumut
Senin, 23 Mei 2022 17:02 WIB
Kolam Pemandian Mata Ie Aceh Besar kekeringan
Kolam Pemandian Mata Ie Aceh Besar kekeringan (Agus Setyadi)
Banda Aceh -

Kolam pemandian Mata Ie di Aceh Besar, Aceh kering kerontang sejak seminggu lalu. Kolam tersebut merupakan salah satu tempat wisata favorit saat akhir pekan atau libur panjang.

Pantauan detikSumut, Senin (23/5/2022), dua kolam besar yang terletak di lokasi pemandian di Mata Ie itu tidak lagi dialiri air. Di beberapa sudut kolam masih terdapat air yang menggenang namun tidak banyak.

Keberadaan air itu dimanfaatkan sejumlah anak-anak untuk mencari ikan. Sementara sebagian pedagang yang biasa berjualan di sana kini memilih menutup lapak mereka.


Air di kolam Mata Ie tersebut bersumber dari dalam gua yang terletak tak jauh dari tempat pemandian. Selain tempat wisata, Di sana juga ada mesin penyedot air milik PDAM. Di lokasi, terlihat beberapa petugas PDAM sedang menyedot air dengan debit sangat sedikit.

Pemandangan tersebut kontras dengan keadaan sebulan lalu. Saat itu, tempat itu masih ramai dikunjungi wisatawan untuk mandi bareng keluarga.

Bagi warga setempat, aliran air tak jauh dari kolam dimanfaatkan untuk tempat mencuci pakaian. Lokasi tersebut juga menjadi sumber air bagi warga sekitar.

"Informasi dari pihak PDAM sudah seminggu ini kering," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar Ridwal Jamil saat dikonfirmasi wartawan.

Dia menduga kekeringan tersebut disebabkan kemarau panjang. Wilayah tersebut sudah lama tidak diguyur hujan.

"Di lokasi itu juga sumber air khususnya untuk PDAM," jelas Ridwan.

Untuk diketahui, kekeringan di kolam Mata Ie tersebut pernah terjadi pada 2017 dan 2019 lalu. Kolam kembali terisi air ketika hujan telah kembali mengguyur.



Simak Video "Momen Pemusnahan 13.000 Batang Ganja di Aceh Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/astj)