Yuk Lihat Matahari Bangun di Pantai Somi Nias

Tim detikSumut - detikSumut
Sabtu, 23 Apr 2022 03:00 WIB
Panorama matahari terbit di Pantai Somi, di Desa Somi, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias.
Panorama matahari terbit di Pantai Somi, di Desa Somi, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias.Foto: Dokumen Disparpora Kabupaten Nias
Nias -

Sudah pernah ke Pulau Nias? Jika belum pernah, maka siapkanlah waktu yang cukup panjang. Pulau yang masuk dalam wilayah administrasi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini memiliki beragam wisata bahari. Karena itu tidak cukup sehari untuk menjelajahi dan menikmati keindahan alam Tano Niha atau tanah manusia.

Nah, salah satunya objek wisata yang dapat anda kunjungi di Pulau Nias adalah Pantai Somi. Pantai yang terletak di Desa Somi, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias. Pantai ini merupakan destinasi yang banyak diminati wisatawan di Nias. Pantai yang menawarkan bentang laut indah serta hamparan pasir luas.

Keistimewaan Pantai Somi adalah panorama fajar yang sangat menawan. Di pantai ini pengunjung dapat melihat matahari terbit. Percikan warna cahaya kemerah-merahan langit dan memantul di permukaan laut.


Warna alam yang indah ini akan jadi tontonan jika berkunjung antara pukul 05:30 hingga pukul 06:30. Saat melihat panorama ini, pengunjung serasa disuguhkan atraksi matahari bangun tidur. Pasalnya, matahari seakan terlihat bangkit setelah merebah dibalik laut. Panorama sunrise akan sempurna saat pengunjung melihat kawanan burung bangau bermain di muara sungai.

Hamparan pepohonan di bibir Pantai Somi, Kabupaten NiasHamparan pepohonan di bibir Pantai Somi, Kabupaten Nias Foto: Foto: Dokumen Disparpora Kabupaten Nias

Selain panorama fajar, Pantai Somi juga menyuguhkan keindahan laut dengan hempasan ombak yang lembut. Sehingga pengunjung aman jika ingin menikmati sensasi mandi di laut. Selain mandi, pengunjung juga dapat mengarungi laut dengan perahu tradisional milik warga. Namun batas perjalanan laut hanya diizinkan dengan jarak pendek serta dapat dijangkau dari bibir pantai.

Pantai yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Bandar Udara (Bandara) Binaka ini juga menyuguhkan hamparan hutan pinus yang cukup indah. Dari penuturan warga, pepohonan pinus tersebut tumbuh secara sporadis. Namun membentuk jejeran pepohonan berdaun jarum di pinggir laut.

Saat angin berhembus, gesekan daun pinus ini akan mengeluarkan suara gemercik. Suara ini cukup nikmat untuk dijadikan relaksasi. Bisa jadi anda terlena dan memilih untuk duduk menikmati kolaborasi keindahan alam ini.

Sejumlah pengunjung melintasi titi kayu di Pantai Somi, Kabupaten Nias.Sejumlah pengunjung melintasi titi kayu di Pantai Somi, Kabupaten Nias. Foto: Dokumen Disparpora, Kabupaten Nias

Pantai Somi banyak dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Karena masih sangat asri dan jauh dari kebisingan. Alasan lain, hamparan pasir yang luas dan lapang dapat dijadikan arena bermain anak. Namun seluruh aktivitas anak di pantai ini harus dalam pantauan orang dewasa.

Di Pantai Somi juga tersedia fasilitas spot foto. Sejumlah pegiat fotografi merekomendasikan pantai ini untuk tempat foto pre wedding dan dokumentasi keluarga.

Di Pantai Somi, pengunjung dapat menikmati beragam hasil bumi, seperti air kelapa muda, olahan ubi dan beberapa jenis jajanan lokal. Selain itu warga sekitar yang berdagang juga menyediakan minuman ringan dan camilan.

Pantai Somi sudah dilengkapi sejumlah fasilitas gazebo yang jumlahnya cukup banyak. Tersedia juga fasilitas toilet dan kamar mandi. Seluruh fasilitas ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Somi.

Objek wisata ini dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor. Sepanjang lintasan memasuki desa Somi, pengunjung juga dapat melihat aktivitas pertanian warga. Namun belum keseluruhan akses menuju pantai ini memiliki lintasan jalan yang mulus. Tetapi tidak perlu khawatir, karena jalur lintasan dipastikan aman untuk pengunjung.

Pantai Somi dijadikan objek wisata empat tahun silam masa pemerintahan Drs. Sokhiatulo Laoli, M.M. Pembangunan dan pembenahan Pantai Somi terus dilakukan, bupati Nias saat ini, Ya'atulo Gulo, S.E., S.H., M.Si. Pantai Somi diproyeksikan sebagai sebagai salah satu objek wisata prioritas di Kabupaten Nias.



Simak Video "Nias Selatan Diguncang Gempa M 5,3"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)