Ingin Berlibur? ke Sipinsur Saja

Tim detikSumut - detikSumut
Sabtu, 09 Apr 2022 06:53 WIB
Kawasan geosite Sipinsur di Kabupaten Humbang Hasundutan.
Kawasan geosite Sipinsur di Kabupaten Humbang Hasundutan. Foto: Baringin Gaol/detik.com
Dolok Sanggul -

Ingin berliburan di Kawasan Danau Toba (KDT)? Ini tempat yang cukup menarik. Pegunungan dengan hamparan hutan pinus, dilengkapi dengan spot foto yang beragam dan arena bermain anak.

Kawasan wisata ini bernama Sipinsur, salah satu geosite di Geopark Kaldera Toba (GKT). Berada di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Objek wisata ini mudah dijangkau, karena akses menuju lokasi sudah sangat baik. Namun tidak ada angkutan umum yang dapat digunakan ke lokasi ini. Karena itu wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi.

Objek wisata yang ditetapkan sebagai dataran tinggi terpopuler pesona Indonesia 2018 ini merupakan objek wisata yang tidak bisa dilepaskan dari alam Danau Toba. Bahkan objek wisata ini merupakan etalase dari keindahan Danau Toba.


Karena dari objek wisata ini, pengunjung dapat melihat beragam keindahan panorama alam di alam bekas letusan gunung Toba puluhan ribu tahun silam.

Mulai kawasan Bakti Raja, Muara dan sebagian wilayah Samosir dapat dilihat dari kawasan ini. Termasuk sejumlah pulau yang ada di Danau Toba seperti Pulau Sibandang di Tapanuli Utara (Taput), Pulau Simamora dan Pulau Sihombing. Kawasan ini juga akan menyuguhkan warna danau yang indah.

Objek wisata Sipinsur merupakan objek wisata yang gunung yang runcing dengan posisi Sipinsur ketinggian1.213 meter di atas permukaan laut. Sehingga udara dingin dan hembusan angin pegunungan dapat kita rasakan dengan nikmat. Termasuk vegetasi alam Sipinsur yang masih sangat baik.

Wisatawan sedang berfoto di kawasan geosite Sipinsur.Wisatawan sedang berfoto di kawasan geosite Sipinsur. Foto: Baringin Gaol

Namun jika anda tidak terbiasa dengan udara pegunungan sebaiknya membawa pakaian untuk menjaga tubuh tetap hangat seperti jaket pegunungan, dan syal leher. Apalagi jika anda berkunjung di sore hari. Pasalnya angin akan berhembus kencang, membawa udara dingin menyentuh kulit.

Beragam permainan anak juga dapat dinikmati dengan gratis. Namun seluruh aktivitas anak di lokasi ini harus diawasi orang dewasa. Serta anak-anak yang berkunjung ke kawasan ini harus dipantau dengan baik.

Spot foto di kawasan ini juga banyak. Karena itu jangan heran jika setiap pandangan memperlihatkan aktivitas pengunjung yang sedang berfoto. Baik mengabadikan diri maupun keindahan alamnya.

Di objek wisata ini, juga tersedia pusat jajanan yang dikelola masyarakat sekitar. Anda bisa menikmati sejumlah hidangan lokal yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Serta dilayani masyarakat dengan cukup ramah.

Objek wisata ini merupakan destinasi yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbahas. Awal berdirinya objek wisata ini digagas oleh Bupati Humbahas I, Maddin Sihombing. Bupati dua periode tersebut melihat potensi alam yang dimiliki Sipinsur dapat dijual sebagai objek wisata. Karena itu akses menuju lokasi dibenahi dan penataan pun dilakukan dengan baik.

Jokowi dan Irian menikmati kopi Tabado di Geosite Sipinsur, Sumut.Jokowi dan Irian menikmati kopi Tabado di Geosite Sipinsur, Sumut. Foto: Ray Jordan/detikcom

Sekedar untuk diketahui, objek wisata yang berada di Kawasan Strategis Nasional (KSN) ini sudah pernah disinggahi oleh Presiden Republik Indonesia (RI) ke 7, Joko Widodo (Jokowi). Selain berkunjung ke tempat ini, Jokowi juga menikmati suguhan kopi hangat dari produk UMKM di Humbahas.

Namun jika ingin berkunjung ke tempat ini, pastikan anda sudah divaksin COVID-19, karena petugas hanya mengizinkan warga wajib vaksin masuk setelah menunjukkan bukti vaksinasi di aplikasi peduli lindungi. Selain itu selama masa pandemi COVID-19, pengunjung juga diwajibkan mengikuti ketentuan protokol kesehatan. Mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.



Simak Video "Pesona Panorama Pulau Samosir, Dikelilingi Keindahan Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(bpa/bpa)