Polisi Lepas Pencuri Kotak Amal Masjid karena Lapar di Palembang

Sumatera Selatan

Polisi Lepas Pencuri Kotak Amal Masjid karena Lapar di Palembang

Prima Syahbana - detikSumut
Kamis, 03 Nov 2022 13:18 WIB
Pencuri kotak amal masjid di Palembang dilepas.
Pencuri kotak amal masjid di Palembang dilepas. (Foto: Istimewa)
Palembang -

Dengan alasan kemanusiaan, polisi akhirnya melepas pria yang nekat mencuri kotak amal di salah satu masjid di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Pria yang terekam CCTV mencuri kotak amal masjid itu mengaku terpaksa mencuri karena lapar.

"Iya benar. Sudah dibebaskan kemarin," kata Kapolsek Ilir Barat I Palembang Kompol Rian Suhendi saat dikonfirmasi, Kamis (3/11/2022).

Pria itu bernama Arif Sukroni (31). Dia dibebaskan polisi dengan menerapkan restorative justice (RJ).


Peristiwa pencurian kotak amal masjid itu terjadi pada Kamis (27/10) lalu sekitar pukul 13.00 WIB. Berdasarkan bukti rekaman CCTV, selanjutnya pada Sabtu (29/10) sekitar 14.00 Wib pelaku yang merupakan warga Desa Karang Agung Tengah P15, Selat Penuguhan, Banyuasin itu pun ditangkap tanpa perlawanan.

Setelah diamankan dan dilakukan interogasi, pelaku mengakui nekat melakukan aksi itu karena faktor ekonomi. Di mana menurutnya pelaku yang merupakan pengangguran kelaparan karena sudah tidak makan dua hari.

"Dari pengakuannya setelah kita amankan pelaku ini mengaku nekat mencuri karena sudah dua hari tidak makan. Dia ini ke Palembang katanya mau mencari kerja. Uang yang dia curi di kotak amal itu totalnya Rp 300 ribu," kata Kapolsek.

Pengurus masjid yang mendengar keterangan pelaku pun memaafkannya. Kemudian, Rabu (2/11) kemarin dilakukan mediasi antara pelaku dan korban. Kedua pihak pun sepakat berdamai melalui restorative justice.

"Setelah dilakukan mediasi keduanya sepakat berdamai melalui RJ dan pelaku kita bebaskan. Dia dibebaskan dengan catatan apabila kembali melakukan tindak pidana maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku," jelas Kapolsek.

Usai dibebaskan, pelaku kemudian diantarkan polisi ke loket bus untuk dipulangkan kembali ke daerah asalnya di Banyuasin.



Simak Video "Remaja di Jambi Diamuk Warga Usai kepergok Curi Kotak Amal Masjid"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)