Jual Sabu 2 Kg ke Polisi, Warga Langkat Dituntut 15 Tahun Penjara

Jual Sabu 2 Kg ke Polisi, Warga Langkat Dituntut 15 Tahun Penjara

Farid Achyadi Siregar - detikSumut
Selasa, 04 Okt 2022 22:08 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi (Foto: Dok.Detikcom)
Medan -

Dua warga Langkat bernama Erwinsyah Putra dan Hidayatullah yang menjual sabu seberat 2 kg ke polisi menjalani sidang tuntutan. Oleh jaksa penuntut umum (JPU) kedua terdakwa itu dituntut masing-masing penjara 15 dah 16 tahun penjara.

"Kedua terdakwa terbukti melanggar Pasal 114 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP atau Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," ujar JPU Fransiska Panggabean saat membacakan tuntutan di PN Medan, Selasa (4/10/2022).

"Meminta kepada majelis hakim agar menjatuhkan hukuman kepada Erwinyah Putra dengan pidana 15 Tahun, dan kepada Muhammad Hidayatullah pidana penjara 16 tahun dan denda Rp 1 miliar subsidair enam bulan penjara," tambahnya.


Setelah mendengarkan tuntutan dari JPU, sidang yang diketuai oleh Hakim Immanuel Tarigan memberikan kesempatan kepada penasehat hukum terdakwa agar menyampaikan pembelaan pada sidang berikutnya pekan depan.

Jaksa Penuntut Umum, dalam dakwaannya dijelaskan, bahwa anggota Polisi Ditresnarkorba Polda Sumut yang sebelumnya telah mendapatkan informasi dari informan adanya peredaran sabu kemudian melakukan penyamaran dengan dengan cara under cover buy memesan sabu 2 kg.

Kemudian setelah sepakat memesan sabu seberat 2 kg, selanjutnya terdakwa Erwin Syahputra lalu menyuruh Hidayatullah mengantarkan barang haram tersebut.

"Setelah berjumpa dan anggota polisi yang menyamar itu menerima barang tersebut lalu petugas kepolisian langsung melakukan penangkapan terhadap terdakwa Muhammad Hidayatullah," beber JPU.

Saat ditangkap, Hidayatullah dilakukan pemeriksaan dan interogasi hasil dari itu kemudian polisi menangkap Erwin Syahputra di sebuah rumah di Dusun Paluh Sipat Teluk Meku Kecamatan Babalan, Kabapaten Langkat.

Adapun upah yang dijanjikan keuntungan yang di janjikan kepada terdakwa sebesar Rp 6 juta/gram apabila terdakwa berhasil menyerahkan 2 (dua) bungkus narkotika jenis sabu dengan berat keseluruhan seberat 2 kg yang dibungkus dengan kantong plastik warna hitam tersebut.



Simak Video "Sakit Hati Dibilang Pengangguran, Pria di Medan Tusuk Keponakan"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)