Round Up

79 Warga Madina Keracunan Saat PT SMGP Uji Alir Sumur, Salah Siapa?

Tim detikSumut - detikSumut
Kamis, 29 Sep 2022 09:26 WIB
Polres Madina
Warga Madina keracunan dan dilarikan ke rumah sakit. (Foto: Istimewa)
Mandailing Natal -

79 warga di Mandailing Natal, Sumatera Utara mengalami keracunan hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Mereka keracunan saat PT SMGP melakukan uji alir sumur, salah siapa?

Peristiwa keracunan itu terjadi Selasa (27/9) kemarin. 79 warga itu berasal dari Desa Sibanggor Julu dan Desa Sibanggor Tonga. Dari 79 orang itu, 36 dilarikan ke RSUD Panyabungan dan 44 lainnya ke RS Permata Madina.

"Data sementara masyarakat Desa Sibanggor Julu dan Desa Sibanggor Tonga yang dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan dan Rumah Sakit Permata Madina dengan jumlah keseluruhan sebanyak 79 orang," kata Kapolres Madina AKBP Muhammad Reza Chairul Akbar Sidiq, Rabu (28/9/2022).


Dari jumlah tersebut, kata Reza, delapan orang yang sebelumnya dirawat di RS Permata Madina telah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing. Status mereka pun adalah pasien rawat jalan.

"Total keseluruhan masyarakat Desa Sibanggor Julu dan Desa Sibanggor Tonga yang dirawat di RSUD Panyabungan dan RS Permata Madina akibat dugaan terpapar H2S sampai dengan saat ini sebanyak 71 orang," ujar Reza.

Berdasarkan catatannya, peristiwa masyarakat keracunan atau terpapar H2S sudah lima kali terjadi sejak PT SMGP beroperasi di Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Kejadian terjadi pertama pada tanggal 25 Januari 2021, kejadian kedua pada tanggal 6 Maret 2022, kejadian ketiga pada tanggal 24 April 2022, keempat pada tanggal 16 September 2022 dan kejadian kelima tanggal 27 September 2022.

PT SMGP mengakui bahwa saat warga mengalami keracunan sedang ada aktivitas uji alir sumut T-11. Tempat uji itu tak jauh dari lokasi warga yang mengalami keracunan.

Head Corporate Communications PT SMGP, Yani Siskartika mengatakan Aktivitas uji alir sumur tersebut dimulai Selasa (27/9) pukul 15.10 WIB dan berhenti untuk pergantian alat pelindung diri.

"PT SMGP laksanakan kegiatan uji alir sumur T-11 pada 27 September 2022 dalam rangka persiapan Unit III. Kegiatan tersebut dimulai jam 15.10 dan dihentikan sementara untuk penggantian oksigen pada alat pelindung diri (SCBA)," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (28/9/2022).

PT SMGP Klaim Kegiatan Uji Sumur Sesuai Prosedur. Selengkapnya di Halaman Berikutnya..



Simak Video "Kepanikan Warga Madina Sumut yang Keracunan Gas PT SMGP"
[Gambas:Video 20detik]