Berulang Kali Warga Keracunan Gas dari PT SMGP Madina

Round Up

Berulang Kali Warga Keracunan Gas dari PT SMGP Madina

Tim detikSumut - detikSumut
Kamis, 29 Sep 2022 08:20 WIB
Kebocoran pipa gas milik PT SMGP di Madina.
Foto: Istimewa
Medan -

Warga di Mandailing Natal, Sumatera Utara, kembali harus dilarikan ke rumah sakit karena diduga menghirup gas beracul yang berasal dari PT SMGP. Terbaru, ada 79 orang warga yang menjadi korban dari gas beracun ini.

"Data sementara masyarakat Desa Sibanggor Julu dan Desa Sibanggor Tonga yang dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan dan Rumah Sakit Permata Madina dengan jumlah keseluruhan sebanyak 79 orang," kata Kapolres Madina AKBP Muhammad Reza Chairul Akbar Sidiq, Rabu (28/9/2022).

Peristiwa warga keracunan gas dari PT SMGP bukan sekali terjadi, tapi sudah berulang kali. Setidaknya sudah ada 6 kali peristiwa yang sama terjadi dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.


Tak hanya membuat warga sakit, gas beracun ini juga sudah membuat warga di Madina meninggal dunia. Dari catatan detikSumut, ada lima warga Madina yang meninggal dunia karena menghirup gas beracun ini pada Senin (25/1/2021) yang lalu.

Kecaman dari berbagai pihak pun dilayangkan ke PT SMGP karena adanya peristiwa yang berulang kali terjadi ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madina dan DPRD Madina pun sudah meminta agar izin dari perusahaan geothermal ini dicabut oleh pemerintah pusat.

"Kita dari Pemerintah Daerah sudah berkaki kali meminta ke pemerintah pusat agar operasional PT SMGP dihentikan," kata Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution, Selasa (27/9).

"Bagi kami ini tidak bisa di tolerir lagi, pemerintah harus bersikap tegas surati Ditjen EBTKE supaya izinnya operasional di evaluasi," ucap Anggota DPRD Madina dari PDIP, Teguh W Hasahatan secara terpisah.

Kecaman juga disampaikan LBH Medan dan Walhi Sumut. Sementara itu, DPRD Sumut menyebut akan segera memanggil PT SMGP mengenai peristiwa ini.

Baca selengkapnya di halaman berikut.......



Simak Video "Kepanikan Warga Madina Sumut yang Keracunan Gas PT SMGP"
[Gambas:Video 20detik]