Sidang Tuntutan AKBP Dalizon 2 Kali Ditunda, Ada Apa?

Sumatera Selatan

Sidang Tuntutan AKBP Dalizon 2 Kali Ditunda, Ada Apa?

Prima Syahbana - detikSumut
Rabu, 21 Sep 2022 11:54 WIB
Sidang tuntutan AKBP Dalizon di PN Tipikor Palembang kembali ditunda.`
Sidang tuntutan AKBP Dalizon di PN Tipikor Palembang kembali ditunda. (Foto: Prima Syahbana/detikSumut)
Palembang -

Sidang tuntutan AKBP Dalizon, terdakwa kasus suap Rp 10 miliar di Dinas PUPR Musi Banyuasin kembali ditunda. Penundaan untuk kedua kalinya ini dikarenakan JPU Kejaksaan Agung yang belum siap membacakan tuntutan. Ada apa?

Diketahui, sidang dengan agenda tuntutan itu awalnya dijadwalkan akan berlangsung pada hari ini pukul 09.00 WIB di PN Tipikor Palembang. Namun, para hakim yang baru berkumpul di Pukul 10.00 WIB memutuskan bahwa sidang ditunda pada Senin (26/9), pekan depan.

Menurut Hakim, hal itu dikarenakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejagung menyatakan belum siap. Oleh karena itu, Majelis hakim yang ketuai Mangapul Manalu meminta kepada JPU untuk tidak lagi menunda dan segera menyampaikan pembacaan tuntutan pada Senin mendatang.


"Meminta kepada penuntut umum tuntutan terhadap terhadap terdakwa Dalizon harus dibacakan pada hari Senin Tanggal 26 dan tidak bisa di tunda lagi karena perkara ini di tanggal 19 bulan depan (19/10) harus putus," tegas Hakim.

Mendengar keputusan Hakim tersebut, JPU hanya menjawab dengan memaklumi dan menyatakan bersedia.

"Iya baik yang mulia," singkat JPU.

Sementara Tim JPU ketika diwawancarai memilih bungkam dan langsung meninggalkan ruang sidang.

Sebelumnya, sidang tuntutan ini juga sempat ditunda pada Minggu lalu, Rabu (14/9/2022) di PN Tipikor Palembang. Penundaan itu dikarenakan JPU Kejaksaan Agung (Kejagung) belum siap membacakan tuntutan.

"Dikarenakan berkas tuntutan dari penuntut umum belum rampung. Jadi sidang kita tunda satu minggu," ujar ketua majelis hakim Mangapul Manalu, kala itu.

Seusai sidang ditutup, tim JPU Kejagung ketika dikonfirmasi wartawan juga enggan berkomentar terkait tuntutan yang belum siap dibacakan.



Simak Video "Nasib Pria Sumsel Tewas Dihakimi Massa Usai Kepergok Curi Motor"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)