212 PMI Ilegal Akan ke Kamboja Naik Pesawat yang Disewa

Tim detikSumut - detikSumut
Sabtu, 13 Agu 2022 01:14 WIB
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi (Ahmad Arfah/detikSumut)
Medan -

Sebanyak 212 pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal diamankan saat akan berangkat ke Kamboja melalui Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara. Para PMI ini disebut akan diberangkatkan ke Kamboja menggunakan pesawat Lion Air yang sudah dicarter (disewa).

"Penyelidikan awal teman-teman dari Krimum (Direktorat Kriminal Umum Polda Sumut-red) seperti itu, mereka mencarter satu pesawat yang berangkat dari kualanamu menuju Kamboja," kata Kabid Humas Polda Sumut Hadi Wahyudi di Polda Sumut, Jumat (12/8/2022) malam.

Para PMI ilegal ini rencananya akan diberangkatkan ke Kamboja menggunakan pesawat Lion Air pada pukul 14.00 WIB. Rencana keberangkatan PMI ini digagalkan pihak kepolisian bersama dinas tenaga kerja, imigrasi dan BP3MI.


Hadi mengatakan pihaknya masih mendalami agen dari PMI ilegal ini. Dijelaskan jika ke-212 PMI ilegal ini dibawa ke Polda Sumut untuk pemeriksaan.

"Mereka kita bawa ke Polda sambil ditindaklanjuti teman-teman dari Ditkrimum untuk dilakukan pemeriksaan dan pendalaman," sebut Hadi.

Ke-212 PMI ilegal ini merupakan warga dari 12 provinsi yang ada di Indonesia. Terbanyak dari DKI Jakarta berjumlah 98 orang, sementara dari Sumatera Utara sendiri berjumlah 23 orang.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 212 orang pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal diamankan di Bandara Kualanamu. Mereka rencananya akan berangkat ke Kamboja.

"Iya betul," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi saat dikonfirmasi mengenai diamankannya 212 PMI ilegal.



Simak Video "Polisi Gagalkan Keberangkatan Pekerja Migran Ilegal ke Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)