Lampung

9 Pelempar Bus di Jalan Tol Ditangkap, Pelaku Masih di Bawah Umur

Tommy Saputra - detikSumut
Sabtu, 06 Agu 2022 20:28 WIB
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pandra
Kombes Zahwani Pandra Arsyad (Foto: Istimewa)
Bandar Lampung -

Polisi menangkap sembilan orang pelaku pelemparan batu di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung. Sembilan pelaku ini merupakan anak di bawah umur, mereka ditangkap di kediaman masing-masing di wilayah Tanjung Bintang, Lampung Selatan pada Jumat (5/8).

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan penangkapan ke sembilan pelaku ini atas dasar laporan warga tentang pengerusakan kaca mobil Bus Palala dengan nomor polisi BA 7025 PU.

"Jadi memang kemarin sempat viral juga ada pelemparan bus Damri. Tapi kami bergerak setelah adanya laporan di Polsek Tanjung Bintang terhadap Bus Palala," kata dia, Sabtu (6/8/2022).


Pandra menyebutkan peristiwa tersebut terjadi di lokasi yang sama yakni di Jalan Tol Lampung kilometer 68-70.

"Kejadiannya pada hari Selasa Tanggal 2 Agustus 2022 sekitar pukul 16.58 WIB, ketika mobil Bus Palala sedang melintas di jalan tol jalur KM 68- 70 Jalur A Desa serdang, Kecamatan Tanjung bintang, Lampung Selatan, tiba- tiba ada yang melakukan pelemparan batu ke arah mobil Bus tersebut, dan mengenai kaca mobil di bagian kiri dan mengakibatkan kaca mobil tersebut pecah," ungkap Pandra.

Saat ini ke sembilan pelaku yakni MB (15 TH), MA (13 TH), MF (14 TH), MAZ (13 TH), AR (16 TH), SA (12 TH), RA (14 TH), AR (11 TH), MFG (11 TH) masih menjalani pemeriksaan di Mapolda Lampung.

"Dikarenakan kesemua terduga ini masih di bawah umur, pihak kami melakukan koordinasi dengan balai pemasyarakatan dan UPTDA provinsi dalam pemeriksaan anak, hal ini kami lakukan terutama terhadap anak yang berusia di bawah 12 tahun akan dikembalikan kepada orang tua dengan pelibatan pihak balai pemasyarakatan dan UPTDA Provinsi Lampung," katanya.

Atas perbuatannya para pelaku dikenakan Pasal 170 KUHPdan atau 406 KUHP Jo 55 KUHP dengan tetap mempedomani UU No.11/2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.



Simak Video "Ini Peran 2 Selebgram Diringkus Polisi Terkait Judi Online"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)