Lampung

Hutama Karya Ganti Rugi Damri Terkena Lemparan Batu di Jalan Tol

Tommy Saputra - detikSumut
Jumat, 05 Agu 2022 11:19 WIB
Petugas mengusir seekor kambing yang memasuki kawasan gerbang jalan tol Sigli-Banda Aceh  Seksi 2 (Seulimum-Jantho) pada hari pertama beroperasi  di Aceh Besar, Aceh, Rabu (27/4/4). PT Hutama Karya menyatakan jalan tol Sigli-Banda Aceh terdiri 6  Seksi sepanjang 71 kiloemetr dan untuk Seksi 2  sepanjang 6 kilometer resmi beroperasi tanpa uji coba dan langsung diberlakukan pengenaan tarif. ANTARA FOTO/Ampelsa/YU
Ilustrasi jalan tol (Foto: ANTARA FOTO/AMPELSA)
Bandar Lampung -

Sebuah bus Damri rusak akibat terkena lemparan batu saat melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung KM 69. PT Hutama Karya selaku pengelola JTTS akan mengganti kerugian yang dialami oleh Damri.

"Sudah bertemu kemarin, kami melakukan ganti rugi terhadap pihak Damri," kata Branch Manager Tol Bakauheni-Terbanggi Besar PT Hutama Karya, Hanung H melalui keterangannya, Jumat (5/8/2022).

Untuk mencegah terulangnya kejadian serupa, kata dia, Hutama Karya menambah intensitas pengawasan serta berpesan kepada masyarakat. Dia menegaskan bahwa aksi tersebut sangat membahayakan bagi pengguna jalan tol dan juga merupakan tindakan yang melanggar hukum.


"Kami juga berharap peristiwa serupa tidak terjadi kembali, karena ini sangat membahayakan. Jelas ada sanksi hukum jika terus dilakukan kepada para pelaku," ujarnya.

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

"Kami menghimbau berkendaralah mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan, mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan berkendara dalam kondisi prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk," terang Hanung.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video tersebar di media pesan WhatsApp yang berisikan tentang adanya sopir bus menjadi korban pelemparan batu oleh orang tak dikenal saat melintas di JTTS Lampung.

Saat ditelusuri peristiwa itu dialami oleh seorang sopir bus Damri yang membawa penumpang yang terjadi pada Rabu (3/8/2022) sekitar pukul 21.30 WIB.

Dalam video terlihat sang sopir mengalami luka di tangan kanan kiri akibat pecahan kaca yang berasal dari jendela bagian kiri.

Peristiwa itu pun dibenarkan oleh General Manager Damri Cabang Lampung, Fredick Sakona.

"Iya benar semalam itu peristiwa nya. Dilempar batu oleh orang tak dikenal di Jalan Tol di KM 68," kata dia, Kamis (4/8/2022).

Fredick menjelaskan, bahwa bus dengan Jurusan Tanjung Karang - Bandung itu berangkat membawa 23 penumpang sekitar pukul 19.30 WIB.

"Ada penumpangnya, beruntung tidak ada yang terluka. Hanya sopir saja luka di tangannya," ujar dia.



Simak Video "Dua Bocah di Lampung Tersambar Petir, Kondisinya Selamat"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)