Sumatera Selatan

Sudah 2 Kali Pengusaha di Muba Digasak Perampok Bersenjata Api

Prima Syahbana - detikSumut
Rabu, 22 Jun 2022 15:32 WIB
ilustrasi kejahatan kriminal perampokan pembunuhan pemerkosaan pencopetan
Ilustrasi (Foto: andi saputra)
Musi Banyuasin -

Pengusaha di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Prayitno dan anaknya, Hadi, jadi sasaran perampok bersenjata api hingga disandera, pada Minggu (19/6) dini hari.

Dua bulan sebelum kejadian itu, tepatnya Selasa (12/4) dini hari, seorang pengusaha sawit juga menjadi korban perampokan bersenjata api.

Hadi dan Prayitno sempat dianiaya oleh pelaku, namun tidak mengalami luka. Oleh kawanan perampok, korban diikat dengan tali, barang berharga seperti uang Rp 50 juta, emas 90,45 gram dan 5 unit hp raib milik mereka, raib digasak pelaku.


Terkait kedua aksi perampokan tersebut, Polres Muba menduga ada indikasi dilakukan oleh komplotan pelaku yang sama. Penyelidikan dan pengejaran pelaku yang diduga berjumlah 5 orang tersebut masih dilakukan.

"Iya, ini lagi proses penyelidikan dan pengejaran tersangka," kata Kasat Reskrim Polres Muba, AKP Dwi Rio dikonfirmasi detikSumut, Rabu (22/6/2022).

Untuk kondisi korban kejadian perampokan yang terjadi di Babat Supat, ditembak dan dikapak pelaku, Dwi mengaku belum mengetahui bagaimana kondisi kesehatannya sekarang.

"Kita cek dulu ya (kondisi korban perampokan di Babat Supat)," katanya.

Sekadar mengingatkan peristiwa perampokan pada (12/4) lalu, korban yang bernama Epar alias Taufik dan seorang saksi, Saiful mengalami luka tembak dan luka bacok. Keduanya pun sempat dibawa ke rumah sakit.

Selain itu, Taufik juga mengalami kerugian kehilangan uang tunai Rp 45 juta dan emas 33,5 gram . Sedangkan, Epar yang merupakan pengusaha sawit kehilangan uang tunai Rp 150 juta dan emas 20,1 gram.

"Iya kejadian itu memang benar. Informasinya ya seperti itu korban disebut warga sekitar merupakan tauke sawit, dia ditembak di perut," kata Iptu Nazaruddin yang merupakan Kasi Humas Polres Muba kala itu, ketika dimintai konfirmasi detikSumut, Rabu (13/4/2022).

"Saat ini kami masih lidik. Dari beberapa keterangan saksi, para pelaku berjumlah tiga orang. Kejadiannya jam 2 malam, korban ada dua, satu luka di kening satu lagi luka tembak di perut, sudah dilarikan ke RS Sungai Lilin dan di rujuk ke RS Palembang," sambung Nazaruddin.



Simak Video "Jaksa Geledah Kantor Distan Sumsel, Usut Dugaan Korupsi Rp 1,3 T"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)