Aceh

Pria Banda Aceh Ditangkap Cabuli Anak 9 Tahun Usai Keluar Penjara

Agus Setyadi - detikSumut
Rabu, 25 Mei 2022 17:35 WIB
Ilustrasi Pencabulan Anak. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi pencabulan anak (Foto: Andhika Akbarayansyah)
Banda Aceh -

Mendekam di penjara selama lima tahun tidak membuat NAS (56) bertaubat. Dia kembali ditangkap karena diduga mencabuli anak berusia sembilan tahun.

"Pelaku ini merupakan residivis. Dia tahun 2016 lalu ditangkap dalam kasus pencabulan dan setelah bebas kembali mencabuli seorang bocah," kata Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh Kompol M Ryan Citra Yudha kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Penangkapan NAS bermula dari laporan yang diterima polisi dari keluarga korban. NAS dilaporkan mencabuli bocah pada awal Maret lalu.


Saat itu, NAS disebut mendatangi korban yang sedang memotong ambal yang sudah tidak dipakai. Dia lalu menawarkan bantuan ke korban dan setelah melihat suasana sepi, NAS diduga mencabuli korban.

"Dia kita tangkap kemarin saat bekerja di sebuah warung di Banda Aceh. Dia tidak melawan saat ditangkap dan mengakui perbuatannya," jelasnya.

Menurut Ryan, NAS pernah mendekam di LP Klas II A Banda Aceh setelah divonis 10 tahun 3 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Jantho. Dia mendekam di balik jeruji besi sejak 2016 setelah dinyatakan bersalah mencabuli anak di bawah umur.

"Setelah menjalani hukuman serta pemotongan masa hukuman atau remisi pada bulan Agustus 2021 dia bebas dari penjara," ujarnya.

Ryan mengatakan, NAS saat ini ditahan di Polresta Banda Aceh untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia dijerat dengan pasal 50 Jo pasal 47 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat.



Simak Video "Gempa M 5,2 Guncang Banda Aceh, Tak Berpotensi Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/astj)