Lihat Keseruan AHY Bermain Margala, Permainan Tradisional di Toba

Lihat Keseruan AHY Bermain Margala, Permainan Tradisional di Toba

Datuk Haris Molana - detikSumut
Minggu, 25 Sep 2022 09:00 WIB
AHY saat bermain margala
AHY saat bermain margala (Datuk Haris/detikSumut)
Medan -

Founder Overlanding Indonesia, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut Jambore Otomotif Indonesia di Pantai Pakkodian, Toba, Sumatera Utara (Sumut). Di kegiatan itu, AHY pun bermain margala, permainan tradisional Toba yang bakal terus dikembangkan.

AHY awalnya melihat permainan margala itu yang dimainkan oleh anak-anak sekitar Pantai Pakkodian, Sabtu (24/9/2022) petang. Setelah itu, AHY pun ikut bersama anak-anak itu bermain permainan yang kerap dimainkan di Toba.

Saat mengikuti sejumlah permainan di acara itu, AHY didampingi oleh Ketua DPD Partai Demokrat, M. Lokot Nasution yang juga Sekretaris Overlanding Indonesia. Keduanya membaur bersama masyarakat sekitar dan para peserta Jambore Otomotif Indonesia.


Banyak permainan yang digelar seperti margala, marjalengkat , engrang, lomba tarik tambang, lomba fotografi, pagelaran seni tradisional, dan game outbond.

Kegiatan Jambore Otomotif Indonesia digelar sejak Jumat hingga Minggu, 23-25 September 2022. Event ini terlaksana atas gagasan Komunitas Overlanding Indonesia Sumatera Utara. Sebanyak 52 komunitas motor dan mobil serta 866 peserta terlibat untuk menyemarakkan kegiatan tersebut.

"Begitu indah di Pakkodian ini. Harus benar benar kita lestarikan. Inilah salah satu tujuan digelar Jambore Otomotif Indonesia," kata AHY kepada wartawan.

AHY berharap kegiatan ini menjadi trigger (pemicu) bagi penggemar touring, traveling, penulis dan fotographer untuk turut mengeksplore keindahan wisata di Indonesia khususnya Sumatera Utara.

Sekretaris Overlanding Indonesia, M. Lokot Nasution mengatakan Overlanding ini adalah komunitas yang didirikan AHY.

"Hari inikan kita Jombore Otomotif Indonesia, ada sekitar 54 komunitas yang ada. Jadi dibilang terbesar ya komunitas yang hadir ini tidak sedikit dengan jumlah peserta hampir seribu peserta," sebut Lokot.

Lokot menjelaskan dengan kegiatan Overlanding ini, AHY ingin menunjukkan sisi lain atas dirinya yang tidak melulu tentang politik dan tidak melulu mantan anak presiden.



Simak Video "AHY Sindir Koalisi Sekadar Gimik Politik: Mudah Rapuh"
[Gambas:Video 20detik]
(dhm/afb)