Ziarah ke Makam Leluhur Istri, AHY Didoakan Jadi Pemimpin Indonesia

Ziarah ke Makam Leluhur Istri, AHY Didoakan Jadi Pemimpin Indonesia

Datuk Haris Molana - detikSumut
Sabtu, 24 Sep 2022 23:15 WIB
AHY saat ziarah ke makam Raja Marsundung Simanjuntak. (Datuk Haris Molana/detikSumut)
AHY saat ziarah ke makam Raja Marsundung Simanjuntak. (Datuk Haris Molana/detikSumut)
Toba -

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berziarah ke makam Raja Marsundung Simanjuntak, leluhur istrinya Annisa Pohan di Kecamatan Balige, Toba. Dalam kesempatan itu, AHY pun dapat dukungan untuk memimpin Indonesia.

AHY tampak bercengkerama dengan masyarakat sambil sesekali melayani permintaan berswafoto. Dia pun memberikan oleh-oleh kepada keluarganya di sekitaran makam leluhurnya itu.

Ketua panitia pembangunan tugu Raja Marsundung Simanjuntak, Pardomuan Nauli Simanjuntak mengaku senang. Dia menyebut masyarakat dari tujuh desa di sekitar tugu itu sangat antusias menyambut hela atau menantu dari keluarga Simanjuntak itu.


Pardomuan mengaku sangat bangga dengan sosok AHY. Dia menyebut menantunya itu merupakan tokoh nasional yang dengan kerendahan hati menyempatkan diri ke makam leluhurnya itu. "Kami sebagai warga Simanjuntak bangga seorang tokoh nasional AHY bisa hadir ke sini menghormati leluhurnya," sebut Pardomuan, Sabtu (24/9/2022).

Pardomuan menilai juga merupakan tokoh muda berjiwa kebhinekaan. Dia datang tanpa canggung melihat langsung kondisi masyarakat "Iya, saya pikir ini manifestasi daripada bahwa tokoh muda ini berjiwa kebhinekaan. Hadir ke sini tanpa batas, bisa langsung melihat kondisi masyarakat sendiri," sebut Pardomuan.

Dia mendukung langkah apa saja yang bakal dilakukan oleh AHY. Dia menginginkan jika nanti AHY memimpin Indonesia, maka dia meminta Toba menjadi prioritas menantunya itu.

"Karena menantu kami ini tokoh besar saya yakin jikalau beliau nanti menjadi pemimpin di Indonesia ini kami yakin dia akan memberikan perhatian yang luar biasa ke daerah ini, Kabupaten Toba. Kita dukung (apapun kegiatan AHY)," sebut Pardomuan.

Sementara AHY mengaku perjalanannya berziarah sekaligus memberikan dukungan pembangunan tugu Raja Marsundung Simanjuntak berjalan lancar.

"Karena memang sebagai menantu dari keluarga Simanjuntak, saya beristri dengan marga Pohan, Annisa Pohan anaknya Bapak Aulia Pohan yang juga tentunya memiliki tanah kelahiran di sini," sebut AHY.

AHY mengaku sangat senang bisa berziarah ke makam leluhur yang telah melahirkan keturunan hebat baik di Indonesia maupun dunia.

"Ini spesial sekali saya bisa menginjakkan kaki di tanah kelahiran leluhur kami, berkesempatan untuk berziarah ke makam Raja Marsundung, leluhur yang telah melahirkan keturunan-keturunan hebat baik di nusantara maupun dunia," sebut AHY.

"Sebagai hela, boru, menantu, saya merasa bangga menjadi keluarga besar Simanjuntak.

Kedatangan AHY berziarah, melihat pembangunan tugu leluhurnya itu sekaligus mengikuti Jambore Otomotif Indonesia. Hadir dalam kesempatan itu sekretaris Overlanding Indonesia sekaligus Ketua Demokrat Sumut, Lokot Nasution. Dia disambut baik oleh masyarakat Toba hingga diulosi.



Simak Video "Momen AHY Bertemu Bunda Corla di Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(dhm/astj)