Internasional

Kekayaan Mark Zuckerberg Terus Menurun, Ada Apa?

Tim detikInet - detikSumut
Rabu, 05 Okt 2022 21:00 WIB
Mark Zuckerberg Meta
Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Medan -

Kekayaan Founder Facebook dan CEO Meta, Mark Zuckerberg, tidak lagi seperti dahulu. Kekayaannya terus menurun dari tahun ke tahun.

Bahkan kini Zuck tidak lagi masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia maupun orang terkaya di Amerika. Dari laporan Independent, Mark Zuckerberg mulai mengalami penurunan kekayaan sejak 2015.

Di tahun 2021, hartanya anjlok USD 71 miliar atau sekitar Rp 1.000 triliun. Harta Zuck makin merosot di tahun ini. Saat ini, Zuck berada di posisi ke-23 dalam real-time billionaires Forbes dengan kekayaan USD 49,1 miliar atau sekitar Rp 752 triliun. Apa yang sebenarnya terjadi?


Perubahan nama Facebook menjadi Meta dengan konsep yang baru diduga ikut menorehkan dampak. Bahkan, ada pakar yang menilai bahwa Zuckerberg membawa Meta hancur bersamanya.

"Saya pikir Facebook tidak akan jadi baik selama dia masih berada di sana. Dia sepertinya adalah salah satu alasan mengapa sangat banyak orang tidak lagi melirik perusahaan itu. Dia benar-benar sudah kehilangan jalan," kata akademisi dari Harvard Business School Bill George.

Faktanya, sejak tahun lalu, saham Meta turun nilai hingga 60%, setelah ia memutuskan mengganti nama perusahaan.

Faktor lainnya bisa jadi karena pendapatan dari iklan di Facebook yang mulai bermasalah. Apalagi, Apple iOS 14 telah membawa perubahan yang membuat pengiklan kesulitan melacak konsumen potensial mereka. Padahal, Facebook memiliki keunggulan dalam hal itu sebelumnya.

Kendati demikian, Zuck dan sang istri Priscilla Chan tampaknya tidak begitu peduli dengan angka yang ada di kekayaannya. Seumur hidupnya, per 2021, diperkirakan mereka berdua sudah menyumbangkan USD 2,7 miliar yang setara dengan sekitar Rp 41,4 triliun. Salah satu fokus donasi mereka diberikan untuk menyelesaikan masalah pandemi COVID-19.



Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)