Kondisi Ekonomi Memprihatinkan, Rupiah Anjlok di Atas Rp 15.200

Kondisi Ekonomi Memprihatinkan, Rupiah Anjlok di Atas Rp 15.200

Kartika Sari - detikSumut
Rabu, 28 Sep 2022 17:40 WIB
Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah akhirnya tembus ke level Rp 15.000. Ini adalah pertama kalinya dolar AS menyentuh level tersebut pada tahun ini.
Foto: Rengga Sancaya
Medan -

Pasar keuangan domestik dan harga emas dunia terus mengalami tekanan. Diketahui, tekanan tersebut terus berdatangan jelang rilis data Produk Domestik Bruto (PDN) AS yang diperkirakan akan tetap membukukan pertumbuhan negatif.

Ekonom Sumut Gunawan Benjamin menyebutkan bahwa saat ini data ekonomi global yang memburuk turut mempengaruhi kinerja rupiah.

"Ekspektasi tersebut menekan kinerja pasar keuangan global tanpa terkecuali Rupiah dan Pasar saham. Ditambah lagi data ekonomi global yang diwakili dari banyak negara, belakangan ini juga memprihatinkan," ungkap Gunawan, Rabu (28/9/2022).


Selain itu, mata uang Rupiah juga terus mengalami pelemahan di pekan ini. Bahkan mata uang Rupiah ditransaksikan dikisaran level Rp 15.286 per US Dolar.

"Pelemahan rupiah tersebut terjadi di tengah tekanan kenaikan bunga The Fed, yang memicu kenaikan indeks US Dolar selama pekan ini," ujarnya.

Adapun indeks US Dolar saat ini naik di level 114. Hal ini memberikan gambaran bahwa US Dolar memang berpeluang menekan kinerja banyak mata uang dunia lainnya termasuk Rupiah.

Tak hanya mata uang rupiah, US Dolar juga menekan harga emas yang belakangan juga mengalami pelemahan. Saat ini harga emas dunia ditransaksikan di kisaran $1.618 per ons troy.

"Emas tertekan dipicu oleh ekspektasi kenaikan bunga acuan US Dolar di masa yang akan datang. Jika dirupiahkan harga emas saat ini di kisaran level Rp 798 ribu per gram," kata Gunawan.

Selain rupiah yang tertekan, respons pasar saham juga ikut memburuk seiring dengan kekuatiran resesi.

"IHSG pada perdagangan hari ini ditutup melemah 0.5% di level 7.077,03. Dan potensi tekanan masih berpeluang terjadi di akhir pekan ini," pungkasnya.



Simak Video "Duh! Rupiah Makin Keok, Dolar AS Nyaris Rp 15.000"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)