Kualanamu Pasang Target Jadi Bandara Hub Internasional

Kualanamu Pasang Target Jadi Bandara Hub Internasional

Tim detikSumut - detikSumut
Selasa, 20 Sep 2022 23:35 WIB
CEO PT Angkasa Pura Aviasi, Achmad Rifai
Foto: CEO PT Angkasa Pura Aviasi, Achmad Rifai (Ahmad Arfah/detikSumut)
Medan -

PT Angkasa Pura Aviasi menargetkan Bandara Kualanamu yang ada di Deli Serdang, Sumatera Utara, menjadi bandara hub internasional. Tidak tanggung-tanggung, Kualanamu ditargetkan menjadi bandara hub terbaik di Indonesia.

"Bagaimana menjadikan Kualanamu ini menjadi bandara pengumpul, bandara hub internasional," kata CEO PT Angkasa Pura Aviasi, Achmad Rifai usai kegiatan talk show di Medan, Selasa (20/9/2022).

Rifai mengatakan target ini sesuai dengan amanah yang diberikan pemerintah Indonesia terhadap kebandarudaraan. Untuk itu, menurut Rifai, penting untuk mendorong terciptanya regulasi agar target ini dapat terealisasi.


"Sehingga kita sangat penting dukungan dari sisi regulasi dari sisi pelaku industri bagaimana membuat Kualanamu itu bandara kebanggaan kita, dari sisi tidak hanya pelayanan, dari sisi operasi, tapi juga dari sisi bisnis. Sehingga membuat bandara ini sesuai dengan tujuan utamanya," tuturnya.

Rifai berharap kegiatan talk show yang mereka gelar ini dapat menjadi titik awal informasi kepada masyarakat terhadap target yang mereka ingin capai ini.

"Sampaikan kepada publik bahwa Kualanamu akan menjadi bandara hub internasional yang terbaik di Indonesia," sebutnya.

Untuk mendukung capaian itu, Rifai mengatakan pihaknya akan melakukan beberapa perbaikan di Kualanamu. Perbaikan itu mencakup infrastruktur dan jumlah traffic penumpang.

"Target kita dalam 25 tahun ke depan, jumlah penumpang di Kualanamu bisa mencapai 65 juta penumpang. Dan bukan hanya itu. Target kita juga di 2032, ada pembanguna run away yang kedua di Kualanamu," sebutnya.

Buka Penerbangan ke India

Rifai juga mengungkapkan pihaknya akan membuka rute penerbangan baru tahun ini. Yaitu ke negara India.

"Dalam tahun ini kita akan mempunyai rute baru, dari negara Indonesia terutama dan juga dari maskapai dalam negeri," ucap Rifai.

"Kalau dari negara India mengizinkan (penerbangan ke Kualanamu), tentu diizinkan juga kita kesana," sambungnya.



Simak Video "Sakit Hati Dibilang Pengangguran, Pria di Medan Tusuk Keponakan"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)