Harga Mie Instan Mulai Naik, Pedagang Eceran Pasrah Untung Tipis

Harga Mie Instan Mulai Naik, Pedagang Eceran Pasrah Untung Tipis

Kartika Sari - detikSumut
Rabu, 10 Agu 2022 11:38 WIB
Harga mie instan di Medan sudah naik.
Harga mie instan di Medan sudah naik. (Foto: Kartika Sari/detikSumut)
Medan -

Harga mie instan di Medan, Sumatera Utara (Sumut) mulai naik dalam beberapa hari terakhir. Pedagang eceran pasrah meski hanya mengambil keuntungan tipis.

"Dulu sebelumnya masih Rp 90-97 ribu per karton yang kita beli di distributor. Sekarang sudah sekitar Rp 100-110 ribuan per karton," kata salah seorang pedagang eceran Rosyid, Rabu (10/8/2022).

Dia menyebut, harga di tingkat eceran terpaksa naik seiring naiknya harga mi instan di distributor. Namun pedagang belum berani menaikkan harga terlalu tinggi, sehingga keuntungan yang mereka peroleh menipis.


Saat ini, harga mie instan di tingkat pedagang sudah menyentuh angka Rp 3.000 per bungkus. Bahkan ada yang menjual dengan hargra Rp 3.200 per bungkus.

Begitu juga di gerai ritel modern. Harga terkerek dari sebelumnya Rp 2.500 hingga Rp 2.800 per bungkus Indomie, kini dijual dengan harga Rp 3.200 per bungkus.

"Iya udah naik dari sebulan belakangan ini," ungkap Lastri, pegawai minimarket di Medan.

Sebelumnya, Menteri Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan harga mie instan bisa naik tiga kali lipat dalam waktu dekat. Kenaikan harga mie instan itu dipicu oleh naiknya harga tepung terigu.

Saat ini, tepung terigu di pasaran mulai menipis sebagai dampak invasi Rusia ke Ukraina. Negara Ukraina sendiri diketahui sebagai salah satu produsen gandum terbesar di dunia.



Simak Video "Perawat di Medan Dilecehkan di Ruang ICU Rumah Sakit, Ini Pelakunya!"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)