Semester I 2022, Penyaluran KUR Bank Sumut Lampaui Target

Kartika Sari - detikSumut
Selasa, 26 Jul 2022 21:00 WIB
Direksi Bank Sumut memaparkan laporan keuangan Semester I 2022.
Direksi Bank Sumut memaparkan laporan keuangan Semester I 2022. (Foto: Kartika Sari/detikSumut)
Jakarta -

Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Sumut pada semester I 2022 melampaui target. Penyaluran KUR pada paruh pertama mencapai 101,8 persen, atau senilai Rp 509 miliar.

"Mengenai kemudahan KUR kami mengikuti Kementerian. Sesuai dengan ketentuan ataupun prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian. Capaian KUR kami itu di atas 100 persen, jadi melebihi target untuk semester ini," ungkap Rahmat saat laporan Kinerja Keuangan PT Bank Sumut, Selasa (26/7/2022).

Dijelaskan Rahmat, penyaluran KUR terbagi beberapa bagian seperti KUR individu dan KUR Klaster yang bekerja sama dengan pemerintah daerah. Selain itu juga ada KUR UMKM yang diwadahi Bank Sumut.


Sementara itu, hasil realisasi semester I ini, Bank Sumut optimis dapat mencapai target sebesar Rp 1 triliun hingga akhir tahun.

"Kita optimis bisa capai target sampai akhir tahun 2022 dan tak menutup kemungkinan bisa menambah kuota jika memang secara capaian kita sampai kuartal tiga nanti bisa melampaui target," ujar Direktur Keuangan dan TI Arieta Aryanti.

Selain penyaluran KUR, Bank Sumut juga menghimpun laba sebesar Rp 345 miliar pada semester I 2022 ini, meningkat 12,4 persen atau Rp 38 miliar dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Dibandingkan Juni tahun lalu, pertumbuhannya di atas 10 persen. Kalau dilihat secara proporsi, pada Desember 2022 kita bisa membukukan atau melampui angka Rp 700 miliar," ucap Arieta.

Terkait pencapaian laba ini, Bank Sumut masuk lima besar setelah Bank BJB, Bank Jateng, Bank Jatim, dan Bank DKI.

"Kalau dibanding pencapaian laba kita, ini menunjukkan produktivitas kita," pungkasnya.

(dpw/dpw)