Pemprov Sumbar Kerja Sama dengan DKI Jakarta di 19 Bidang

Sumatera Barat

Pemprov Sumbar Kerja Sama dengan DKI Jakarta di 19 Bidang

Dea Duta Aulia - detikSumut
Rabu, 05 Okt 2022 21:22 WIB
Pemprov Sumbar
Foto: dok. Pemprov Sumatera Barat
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) dan Pemprov DKI Jakarta menjalin kolaborasi untuk pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik. Hal itu ditandai melalui penandatangan kerja sama antara Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Agung, Balaikota Jakarta, hari ini.

Buya Mahyeldi mengatakan kerja sama ini akan menghadirkan keuntungan dan manfaat bagi kedua belah pihak. Nantinya BUMD DKI Jakarta dan BUMD Sumbar bakal saling berkolaborasi.

"Kebutuhan DKI ini luar biasa, khususnya pangan, pertanian dan lainnya. Oleh sebab itu, kita harapkan nanti bisa terbangun sinergi antar daerah, khususnya antar BUMD, ada 4 BUMD DKI Jakarta bisa sinergi dengan BUMD kita dan pengusaha-pengusaha di Sumatera Barat," kata Buya dalam keterangan tertulis, Rabu (5/10/2022).


Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Doni Rahmat Samulo menjelaskan ruang lingkup kesepakatan tersebut mencakup 19 bidang di antaranya pendidikan, kesehatan, pangan, administrasi kependudukan & catatan sipil, dan telekomunikasi informatika.

"Dalam kesempatan yang sama, kesepakatan dengan Pemprov DKI Jakarta, ditindaklanjuti dengan dua perjanjian kerja sama (PKS). Pertama PKS antara Dinas Pariwisata Sumbar dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta tentang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Kedua, PKS antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta dengan Dinas Kebudayaan Sumbar tentang pelestarian kebudayaan," ujar Doni.

Di sisi lain, Anies Baswedan menerangkan sebagai kota urban, Jakarta sangat tergantung pada daerah dalam berbagai hal seperti pangan, pertanian, dan lainnya. Melalui kerja sama ini diharapkan DKI Jakarta dan pemerintah daerah lainnya bisa merasakan sejumlah manfaat.

"Kami bersyukur sekali akhirnya niat yang sudah lama dibahas, bisa ditunaikan. Jakarta banyak tergantung dengan daerah," kata Anies.

Anies menuturkan kondisi perdagangan internasional yang sedang menurun harus diimbangi dengan menggenjot perdagangan di dalam negeri. Oleh karena itu melalui kerja sama ini diharapkan mampu berdampak positif pada perdagangan jangka panjang di dalam negeri.

"Kami apresiasi atas kerja sama ini, semoga tidak jadi sleeping MoU, tapi MoU yang aktif, yang sesudah ini langsung diwujudkan dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat bagi kedua pihak," katanya.

Sebagai informasi tambahan, kerja sama antara pemerintah provinsi tidak hanya dilakukan dengan Sumbar saja. Namun Pemprov DKI Jakarta turut menjalin kerja sama dengan Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Maluku Utara, Kota Solok, Kota Bengkulu, Bupati Kuningan, dan Bupati Jember.



Simak Video "Besaran UMP DKI 2023 Ditetapkan Bulan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)