Sumatera Barat

HUT Ke-77, Pemprov Sumbar Gelar Pameran UMKM

Dea Duta Aulia - detikSumut
Jumat, 30 Sep 2022 09:54 WIB
Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi
Foto: dok. Pemprov Sumbar
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar UMKM Sumbar Malagak yang digelar di pelataran GOR H. Agus Salim. Acara yang berlangsung mulai 29 September sampai 2 Oktober 2022 ini merupakan bagian dari rangkaian acara HUT ke-77 Sumbar.

Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi mengatakan nantinya dalam acara tersebut pihaknya akan menyediakan ratusan stand untuk diisi oleh UMKM, BUMN, perbankan, dan lainnya. Acara ini juga bertujuan untuk mendukung pelaku UMKM di Sumbar.

Ia mencatat setidaknya ada 600 ribu UMKM yang ada di Sumbar. Bahkan 3 juta penduduk Sumbar bergerak di bidang UMKM.


"Ini kewajiban bagi pemerintah untuk men-support UMKM dan ekonomi di Sumbar berkembang demi mendorong peningkatan pendapatan masyarakat Sumbar," kata Mahyeldi dalam keterangan tertulis, Jumat (30/9/2022).

Untuk itu, ia mengajak Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, serta Dinas Koperasi dan UMKM untuk bersinergi memberdayakan para pelajar dan mahasiswa yang bergerak di sektor UMKM.

"Seperti acara Launching BLUD SMK di Aula Kantor Gubernur kemarin saya melihat ada salah satu SMK dari Pariaman yang sudah bisa memasarkan produk pertaniannya seperti sayur dan mayur dengan packaging yang menarik sehingga layak jual di pasar swalayan," jelasnya.

Ia turut memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPT) untuk turut membantu UMKM agar mereka bisa masuk ke pasar nasional hingga global. Sebab ada sejumlah UMKM yang memiliki potensi besar untuk masuk ke pasar global. Buya mencontohkan UMKM bumbu rendang sudah pernah mengirimkan produknya hingga ke Norwegia.

"Insyaallah ke depan akan kita kirim lagi berbagai produk UMKM Sumbar ke berbagai mancanegara. Kepada OPD yang bertanggung jawab untuk mendorong UMKM memasuki pasar mancanegara bukan hanya dalam negeri," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumbar Nazwir mengatakan tujuan acara tersebut untuk mempromosikan dan meningkatkan pemasaran produk serta jasa unggulan di Sumbar.

"Arti kata dari 'Malagak' sendiri adalah memamerkan produk UMKM sumbar agar dikenal dan menarik dibeli dan dikonsumsi oleh buyer," tutupnya.



Simak Video "Menikmati Aneka Kuliner Khas di Sumatera Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)