Ayo Serbu, Ada Durian Serba 15 Ribu di Kenduri Riau!

Riau

Ayo Serbu, Ada Durian Serba 15 Ribu di Kenduri Riau!

Raja Adil Siregar - detikSumut
Jumat, 30 Sep 2022 10:33 WIB
Kenduri Riau.
Kenduri Riau. (Foto: Raja Adil Siregar/detikSumut)
Pekanbaru -

Dinas Pariwisata Provinsi Riau menggelar event Kenduri Riau 2022 mulai malam ini hingga 2 Oktober mendatang. Pada agenda pariwisata itu, penyelenggara menyuguhkan durian berbagai ukuran dengan harga sama, Rp 15 ribu per buah.

"Ada 8 ribu durian kita siapkan, dijual Rp 15 ribu semua ukuran. Ini karena di Riau durian menjadi daya tarik masyarakat dan wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat, Jumat (30/9/2022).

Durian sendiri merupakan salah satu potensi wisata kuliner di Riau. Daerah ini memang terkenal dengan duriannya yang enak, sejak lama. Tak heran jika makan durian menjadi salah satu agenda dalam perhelatan Kenduri Riau tahun ini.


Agenda pariwisata nasioal Kenduri Riau sendiri masuk dalam 100 Kalender Event Nusantara Kemenparekaf. Event digelar di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji atau dikenal sebagai purna MTQ Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Ada ratusan pelaku UMKM dan ekonomi kreatif ambil bagian dalam event wisata ini. Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata menyiapkan 62 gerai gratis untuk para pelaku UMKM mempromosikan produk mereka.

"Kami sudah menyiapkan 62 booth untuk komunitas dan pelaku Ekraf yang terdiri dari pelaku fesyen, seni rupa, aplikasi, desain produk, komunitas pecinta hewan dan hobi lainnya," kata Roni.

Kenduri Riau.Ada durian di Kenduri Riau. (Foto: Raja Adil Siregar/detikSumut)

Dari awal event akan dibuka, tercatat ada 200-an pelaku ekonomi kreatif dan komunitas telah mendaftar. Namun, setelah proses kurasi oleh panitia akhirnya diputuskan hanya 62 yang bisa ikut berkiprah.

Tak sampai disitu, berbagai perlombaan juga digelar pada event ini, di antaranya mural, narsyid, kompang, orkes melayu, musik tingkat pelajar, memasak, festival budaya dan ditutup dengan acara malam puncak pemilihan Bujang Dara Riau 2022 yang dipilih dari juara di kabupaten/kota.

"Pada event Kenduri Riau tahun ini akan ada 11 film pendek karya anak-anak Riau yang terpilih. Ada 27 penampilan seni dari komunitas lain," kata Roni.

Selain Gubernur Riau Syamsuar, Kenduri Riau juga akan dihadiri Deputi Pemasaran Kemenpar, Staf Ahli Menteri Kemenpar, Menteri Pariwisata Melaka, Kadispar DKI, Kadispar Banten dan sejumlah tamu lain.

Roni juga memprediksi Kenduri Riau juga bakal dihadiri beberapa wisatawan dari mancanegara. Sebab bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru sudah mulai buka penerbangan internasional.

"Sudah ada beberapa wisman asing yang mengkonfirmasi akan hadir, ada dari AS dan sejumlah negara lain. Maka ini tidak menutup kemungkinan mereka ramai ke sini karena penerbangan internasional di Pekanbaru sudah dibuka," katanya.



Simak Video "Manis Legit Durian Mentega Khas Lereng Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/dpw)