Kepulauan Riau

Sensasi Gonggong, Kuliner Enak Khas di Kepri yang Bikin Geli

Raja Adil Siregar - detikSumut
Minggu, 14 Agu 2022 09:00 WIB
Kuliner wajib di Kota Batam, Gonggong (Raja/detikSumut)
Gonggong, kuliner wajib di Kota Batam (Raja Adil Siregar/detikSumut)
Batam -

Kepulauan Riau memiliki wilayah yang hampir 96 persen-nya adalah lautan. Hal ini ternyata membuat Kepulauan Riau menjadi surga bagi pecinta kuliner laut.

Lewat selogan 'Berpancang Amanah, Bersauh Marwah', Kepri dikenal sebagai pusat wisata dan kuliner. Ada banyak kuliner laut yang bisa dinikmati dan salah satunya adalah siput laut, Gonggong.

Gonggong menjadi kuliner utama bagi para pecinta seafood, terutama saat datang ke Kota Batam. Jika ingin merasakan sensasi berbeda, Gonggong bisa dinikmati di atas rumah makan terapung di Tanjung Piyayu, Batam.


Di kawasan wisata itu, wisatawan dapat memilih sendiri kuliner laut yang masih segar. Pilih, timbang dan tinggal tunggu kuliner siap dihidangkan setelah diolah dengan cita rasa khas masakan Melayu.

Warga saat menikmati Gonggong, kuliner khas Batam Kepri (Raja/detikSumut)Warga saat menikmati Gonggong, kuliner khas Batam Kepri (Raja/detikSumut)

Untuk sampai ke lokasi, dari Batam Center hanya butuh waktu sekitar 40 menit saja dengan kendaraan roda empat. Sepanjang perjalanan akan ada banyak pusat kuliner dan pemandangan untuk cuci mata.

Kembali ke Gonggong, Gonggong adalah biota endemik yang hidup di perairan laut Kepulauan Riau dan menjadi kuliner khas setempat. Gonggong sangat diminati oleh wisatawan domestik atau mancanegara karena kandungan gizi dan rasanya yang lezat.

Gonggong bukanlah hewan berkaki empat yang suka menggonggong seperti yang sering kita dengar. Hewan ini sangat jauh berbeda karena hidup di laut dan sekilas mirip dengan keong.

Gonggong Jadi Kuliner Wajib di Pusat Kuliner Batam. Baca Halaman Berikutnya:



Simak Video "Pria Ini Bawa Parang ke Masjid Gegara Suara Toa Bangunkan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]