Senangnya Samin Uang Dimakan Rayap Bisa Ditukar: Untuk Daftar Haji!

Berita Jateng

Senangnya Samin Uang Dimakan Rayap Bisa Ditukar: Untuk Daftar Haji!

Tim detikJateng - detikSumut
Kamis, 15 Sep 2022 15:03 WIB
Kepala Kantor KPC BI Solo, Nugroho Joko Prastowo dan Samin, Solo, Kamis (15/9/2022).
Samin dan istrinya saat menerima uang baru di BI Solo (Agil Trisetiawan Putra/detikJateng)
Solo -

Pasangan suami istri atau pasutri Samin (53) dan Sri Kadarwati (48) tidak dapat menutupi kebahagiannya setelah uangnya yang dimakan rayap akhirnya bisa ditukar di Bank Indonesia (BI). Dengan begitu, Samin dan Sri jadi daftar haji dengan uang tersebut.

Meski tidak seluruhnya bisa ditukar, tetapi setidaknya uang hasil menabungnya selama ini tidak hilang begitu saja. Kebahagiaan ini pun tidak bisa disembunyikan oleh keduanya. Bahkan, Samin memeluk istrinya, saat berfoto dengan uang yang baru saja ia tukarkan ke BI.

"Uang ini buat mendaftar haji saya dan istri saya," katanya dilansir detikJateng Kamis (15/9/2022).


Ia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung dirinya, khususnya BI. "Petugas BI semalam membantu saya merangkai sampai jam 23.00 WIB, terima kasih telah membantu saya. Mari budayakan menabung seperti saya," jelasnya.

BI sendiri memberikan hadiah berupa uang rupiah emisi terbaru yang telah dibingkai kepada Samin dan istrinya.

Kepala Kantor KPC BI Solo, Nugroho Joko Prastowo mengatakan, uang yang diterima Samin semuanya uang baru emisi 2022. Pihaknya telah membantu Samin untuk mengidentifikasi uangnya yang bisa ditukarkan.

"Selama dua hari kita identifikasi sisa uang kertas yang dimakan rayap. Pada hari Selasa yang kita identifikasi yang memenuhi syarat sebesar Rp9.910.000," kata Joko.

Pada hari Rabu, petugas BI dan pak Samin merangkai dan memperbaiki sisa-sisa uang lainnya. Uang itu disusun untuk memenuhi 2/3 dari luasan uang agar memenuhi syarat penukaran.

"Pada hari Rabu kami merangkai kembali potongan dan setiap serpihan kertas, hasilnya yang memenuhi syarat mendapatkan penggantian sebanyak Rp10.310.000. Sehingga total uang sah yang mendapatkan penggantian sebanyak Rp20.220.000. Ini jumlah optimal yang dapat BI bantu," ujarnya.

Sementara itu, sisa potongan-potongan uang kertas lainnya yang tidak dapat direkonstruksi, akan dimusnahkan oleh BI.

Dia mengatakan, kejadian Samin ini bisa dijadikan pembelajaran untuk masyarakat agar menabung di Bank. Karena dianggap lebih baik lebih aman, bisa dipakai untuk transaksi secara non tunai, dan juga mendapatkan bunga ataupun bagi hasil.

"Boleh menabung di celengan, tapi setiap satu atau dua bulan sekali disetorkan ke bank karena kalau ada kerusakan lebih cepat untuk teridentifikasi," ujarnya.



Simak Video "Uang Tabungan Hajinya Dimakan Rayap, Penjaga SD Ini Harap Bisa Ditukar"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)