Pj Walkot Pekanbaru Ngaku Capek Urusi Sampah

Riau

Pj Walkot Pekanbaru Ngaku Capek Urusi Sampah

Raja Adil Siregar - detikSumut
Selasa, 06 Sep 2022 21:36 WIB
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun (Raja Adil Siregar/detikSumut)
Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun (Raja Adil Siregar/detikSumut)
Pekanbaru -

Pejabat Wali Kota Pekanbaru, Muflihun buka suara terkait permasalahan sampah yang tak pernah tuntas. Ia pun mengaku capek mengurusi hal tersebut.

Menurutnya akar persoalan masalah sampah di Pekanbaru yakni karena ulah pihak ketiga. "Soal masih banyak sampah berserakan di Kota Pekanbaru, memang hari ini kerjanya tak maksimal. Kita terus mendapat kritikan, mendapat laporan dari masyarakat," terang Muflihun di Pekanbaru, Selasa (6/9/2022).

Pria yang akrab disapa Uun itu mengaku terus turun ke lapangan. Bahkan terakhir diketahui sampah tidak terangkut karena banyak mobil pihak ketiga dari PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah rusak.


"Kita masih ke lapangan. Itu perusahaan kita lihat tidak jalan mobilnya. Kita akan panggil, kalau tidak sanggup silahkan mundur," katanya.

Uun mengaku sudah capek mengurusi masalah sampah. Namun upayanya itu tidak didukung pihak swasta yang menang tender mengangkut sampah di zona satu dan zona dua dalam kota Pekanbaru.

"Kita sudah capek, tapi tak disuport sama pihak ketiga untuk apa," katanya.

Pengelolan sampah di Pekanbaru sendiri dibagi menjadi tiga zona. Di mana ada dua zona ditangani pihak swasta dan di zona tiga diambil alih Dinas LHK dan camat.

Dari tiga zona itu, dua yang dikelola oleh swasta itulah yang kerap bermasalah. Sementara yang dikelola DLHK dan camat selalu bisa ditangani.

"Rumbai ini dikelola DLHK dan camat. Jadi untuk dalam kota (2 zona) ini dikelola oleh pihak ketiga, dua zona dalam kota ini yang selalu masalah," tegas Uun.

Sebelumnya, tumpukan sampah kembali terjadi di sejumlah lokasi di Pekanbaru akhir-akhir ini. Aktivis lingkungan hingga DPRD Pekanbaru mendesak Muflihun agar segera ambil tindakan tegas.



Simak Video "Dramatis! Proses Evakuasi Anak Gajah dari Galian di Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/astj)