Olahraga Internasional

Perhatian Khusus Vladimir Putin Terhadap Sambo

Tim detikSport - detikSumut
Sabtu, 13 Agu 2022 09:20 WIB
SOCHI, RUSSIA - AUGUST,23 (RUSSIA OUT) Russian President Vladimir Putin (C) and billioanire Arkady Rotenberg (L) greet participants of Professional Sambo Plotforma S-70 International Tournanent in Sochi, Russia, early August,23,2018.  (Photo by Mikhail Svetlov/Getty Images)
Vladimir Putin menyalami para atlet Sambo. (Foto: Getty Images/Mikhail Svetlov)
Medan -

Presiden Rusia, Vladimir Putin memberi perhatian khusus kepada Sambo. Bahkan, dia pernah berjuang untuk mengenalkan Sambo kepada dunia.

Perhatian khusus Putin terhadap Sambo sepertinya tak sia-sia. Sejak 2018 lalu, olahraga beladiri asal Rusia ini resmi menjadi salah satu cabang olahraga di Olimpiade. Selain itu, Sambo juga kerap jadi andalan para petarung di MMA untuk melumpuhkan lawan.

Dilansir dari detikSport, Sabtu (13/8/2022), Vladimir Putin diketahui gemar berolahraga. Tidak sulit menemukan foto-fotonya di internet, kala orang nomor satu Rusia itu sedang berkuda sampai menyelam.


Untuk urusan beladiri, Putin juga jago. Putin diketahui memegang sabuk hitam karate, bisa aikido dan menguasai sambo. Tak ayal, Putin adalah eks pasukan intelijen Uni Soviet yang bernama KGB.

Dilansir dari berbagai sumber, Vladimir Putin turut memperhatikan soal Sambo. Suatu seni bela diri khas Rusia. Sambo berasal dari kata SAMooborona Bez Oruzhiya yang berarti bela diri tanpa senjata. Pada hakikatnya, Sambo adalah tarung bebas dan dibumbui gulat.

Teknik pukulan dan tendangan sampai kuncian ada pada Sambo. Khusus soal kuncian, Sambo menyasar kaki lawan untuk dikunci dan sejurus kemudian dihabisi dalam pertarungan bawah.

Vladimir Putin pernah berjuang untuk mengenalkan Sambo kepada dunia. Sejak tahun 2013, Putin terang-terangan berujar keinginannya agar Sambo masuk dalam kategori ajang olahraga di Olimpiade!

"Mudah-mudahan suatu hari nanti Sambo akan masuk ke Olimpiade. Olahraga ini telah melintasi Rusia dan digemari banyak atlet di dunia," jelasnya seperti dilansir dari sambo.sport.

"Ini adalah jenis olahraga yang benar-benar indah dan dinamis yang mengkooptasi banyak olahraga tempur," lanjutnya.

SAO PAULO, BRAZIL - JANUARY 18:  Khabib Nurmagomedov weighs in during the UFC on FX official weigh-in event on January 18, 2013 at Ibirapuera Gymnasium in Sao Paulo, Brazil. (Photo by Josh Hedges/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images)Khabib Nurmagomedov memperlihatkan baju bertuliskan Sambo (Foto: Zuffa LLC via Getty Images/Josh Hedges)

Sambo pun sebenarnya sudah tenar namanya di dunia MMA. Para petarung Rusia memakainya di ajang tarung bebas, terutama Khabib Nurmagomedov.

Khabib memakai teknik Sambo di UFC. Kuncian kakinya yang disebut sebagai 'cengkeraman buaya', membuat lawan frustrasi.

Khabib Nurmagomedov pun pernah bikin heboh dengan kaos bertuliskan 'Jika Sambo gampang, maka itu disebut Jiujitsu'.

Sambo awalnya memang digunakan tentara Rusia di medan perang pada tahun 1920-an, terutama dalam pertarungan jarak dekat. Sambol bertujuan untuk menjatuhkan lawan lebih cepat dan efisien.

Kini, Sambo sudah jadi ajang olahraga. Walau pada hakikatnya, para tentara dan polisi Rusia masih menjadikannya sebagai jurus untuk lumpuhkan musuh.



Simak Video "Kesehatan Putin Disorot Lagi Gegara Batuk-batuk Sebelum Pidato"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)