Olahraga Internasional

Tak Banyak Orang Tahu Soal Sambo, Ini Penjelasan Khabib Nurmagomedov

Tim detikSport - detikSumut
Sabtu, 13 Agu 2022 09:04 WIB
LAS VEGAS, NV - OCTOBER 06:  Khabib Nurmagomedov of Russia reacts after Conor McGregor of Ireland tapped out in their UFC lightweight championship bout during the UFC 229 event inside T-Mobile Arena on October 6, 2018 in Las Vegas, Nevada.  (Photo by Christian Petersen/Zuffa LLC/Zuffa LLC)
Khabib Nurmagomedov saat mengapit lawan. (Foto: Getty Images)
Medan -

Sambo saat ini tengah naik daun. Olahraga beladiri asal Rusia itu makin 'mengggigit' saat mantan juara dunia UFC, Khabib Nurmagomedov mengeluarkan beberapa jurus Sambo dalam pertarungan bebas di oktagon.

Sambo sebenarnya adalah beladiri khas Rusia yang mulanya dipakai para tentara lalu berkembang menjadi olahraga combat. Sambo disebut sangat efektif karena bisa melumpuhkan lawan dengan cepat.

Sejak 2018 lalu, Sambo diresmikan menjadi salah satu ajang olahraga di ajang Olimpiade.


Dilansir dari detikSport dari Sweet Science of Fighting, sambo pada dasarnya semacam tarung bebas. Sambo adalah beladiri untuk bertarung jarak dekat, tanpa senjata.

Pukulan, tendangan, sampai gulat jadi jurus-jurus di Sambo. Namun soal gulat, ada satu hal yang menarik! Gulat dalam Sambo diyakini terinspirasi dari judo. Tapi dalam Sambo, seiring perkembangan waktu, permainan gulat yang dilakukan lebih mengincar ke kaki lawan.

Serangan gulat ke kaki lawan yang dilanjutkan dengan mengunci kakinya, akan bikin lawan kesulitan bergerak. Lalu dilanjutkan dengan bergulat dalam posisi atas, yang akan memberi keuntungan dalam pertarungan bawah.

Pun dalam posisi mengunci, para petarung Sambo akan menggunakan kaki mereka. Khabib Nurmagomedov, eks juara UFC, pernah menjelaskannya.

"Setiap lawan saya, termasuk mereka yang akar beladirinya BJJ, mereka kebanyakan hanya menggunakan tangan. Ketika menghadapi saya, mereka lakukan kesalahan karena saya menggunakan kaki," terangnya dalam channel Youtube, Bernardo Faria BJJ Fanatics.

Ketika Khabib Nurmagomedov berada di atas lawan, kakinya langsung mengapit satu kaki lawan. Ketika itulah, lawan kesulitan untuk bergerak.

"Ketika lawan saya bergerak, saat itulah wajahnya tidak terlindungi. Saya bisa bebas memukulnya," jelasnya.

Dari posisi mengapit kaki lawan, Khabib beranjak ke mounted position alias seperti duduk di atas perut lawan.

Dua kaki Khabib yang mengapit perut lawan, akan membuat lawan makin kesulitan bergerak. Pun seperti terlihat, Khabib sedang menunggangi kuda.

"Hanya dengan kaki dan pinggul, saya bisa mengontrolnya. Kaki saya bisa meremasnya dan membuat dia makin susah untuk bergerak. Kalau pun dia coba mendekatkan diri ke saya, saya bisa lakukan banyak kuncian," paparnya.

"Banyak lawan saya bilang, 'Khabib terasa lebih berat saat melakukan gulat'. Padahal berat saya dan lawan saya sama, lho," lanjutnya.

"Ayah saya selalu mengajarkan untuk menggunakan pinggul karena itu bagus untuk keseimbangan dan menempatkan berat badan ke lawan dengan sempurna. Dia adalah pelatih judo dan sambo," tambahnya.

Khabib Nurmagomedov pernah dua kali menangi kejuaraan dunia sambo. Petarung asal Dagestan, Rusia itu juga pernah juara kelas ringan UFC dengan rekor kemenangan fantastis di dunia MMA profesional, 29-0.

"Gulatnya Khabib ada di level yang berbeda, level yang lebih tinggi. Dia juga juara sambo, olahraga combat yang tidak mudah," tutut komentator UFC, Joe Rogan.



Simak Video "Sidang Banding Terkait Pemecatan Ferdy Sambo"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)