Relawan Akui Belum Ada Izin Pasang Baliho Puan Presiden di Medan

Nizar Aldi - detikSumut
Kamis, 11 Agu 2022 15:40 WIB
Baliho Puan Maharani Presiden 2022 di Medan dirusak OTK (Aldi/detikSumut)
Baliho Puan Maharani di Medan tak memiliki izin (Nizar Aldi/detikSumut)
Medan -

Ratusan baliho Puan Maharani Presiden 2024 terpasang di Kota Medan. Relawan Puan Maharani (PMP) yang memasang baliho atau reklame tersebut mengakui belum mengantongi izin dari Pemkot Medan.

"Sampai saat ini belum (minta izin), kalau dari kita belum ada, tapi begini ketika orang itu bilang mengurus izin atau segala macam, harusnya yang bicara itu harus berbicara dengan benar," kata Alian Napiah Siregar, Ketua PMP Sumut kepada detikSumut, Kamis (11/8/2022).

Alian kemudian menyinggung banyaknya baliho atau reklame liar yang berdiri tanpa izin. "Semua kita lihat orang-orang bisa buat kenapa kita tidak? Begitu," sebutnya.


Dia tidak mempersoalkan jika baliho Puan Maharani Presiden 2024 yang mereka pasang ditertibkan Pemkot Medan. Namun dengan catatan, penertiban tidak boleh tebang pilih.

"Kalau memang wajib dibersihkan, saat ini kita melanggar peraturan, semua yang namanya baliho semua yang namanya reklame dalam bentuk apapun harus ditertibkan, jangan tebang pilih," tuturnya.

Dia mengungkapkan banyak saat ini kata dia billboard yang berada di tempat yang seharusnya tidak diperbolehkan, akan tetapi tetap terpasang. Dia memberikan contoh tentang spanduk Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan yang tersebar juga di Kota Medan.

"Contoh kecil, banyak kali memang billboard-billboard yang kita lihat yang berada di tempat-tempat yang tak boleh malah berdiri tegak," ungkapnya.

"Contoh kecil, ini kan Porkot lagi mau ini di Kota Medan, banyak nggak spanduk beredar? Itu bagaimana?," sambungnya.

Sehingga dia menegaskan kalau memang Pemkot Medan merasa pemasangan baliho Puan Maharani tersebut bermasalah, jangan ada tebang pilih dalam penertibannya.

"Jangan tebang pilih, sekarang kan banyak kan? Partai-partai lain juga banyak," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, ratusan baliho Puan Maharani Presiden 2024 mejeng Kota Medan. Baliho berkonstruksi kayu yang dipasang di bahu jalan itu terdapat di sejumlah ruas jalan Kota Medan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTPS) Medan Ferry Ichsan ketika dikonfirmasi terkait keberadaan baliho tersebut mengatakan belum mengetahui adanya baliho tersebut. Namun, secara peraturan kata dia pihaknya tidak mungkin mengeluarkan izin untuk pemasangan di ruang milik jalan.

"Belum saya cek, tapi secara peraturan yang jelas kami tidak mungkin mengeluarkan izin di ruang milik jalan untuk jenis reklame dimaksud," kata Ferry Ichsan kepada detikSumut, Kamis (11/8/2022).



Simak Video "Hati-hati! Ada Komplotan Penipu Wanita di Aplikasi Kencan, Motor Dibawa Kabur"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)